Rabu 01 May 2013 22:42 WIB

IBM Buat Film Terkecil di Dunia

Rep: Nur Aini/ Red: Dewi Mardiani
Film terkecil di dunia A Boy and His Atom
Foto: AP/IBM
Film terkecil di dunia A Boy and His Atom

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Para peneliti di IBM menciptakan film terkecil di dunia dengan memanipulasi atom tunggal pada permukaan tembaga. Animasi itu menggunakan puluhan atom karbon, bergerak di sekitar ujung kecil yang disebut scanning tunneling microscope (STM).

Film tersebut akan membutuhkan 1.000 frame di film. Prestasi tersebut dicatat dalam rekor dunia Guinness Book. Film tersebut merupakan usaha IBM dalam mendesain penyimpan data generasi baru berdasarkan atom tunggal.

Ilmuwan IBM berada di balik sejumlah teknologi sistem atom dan molekul. Mereka menggunakan mikroskop atom untuk menghasilkan gambar molekul tunggal dan bahkan gambar yang detail di antara molekul.

Film tersebut merupakan percakapan anak-anak. Film berjudul A Boy and His Atom menggunakan STM, sebuah penemuan IBM yang dikumpulkan ilmuwan peraih nobel fisika 1986. Perangkat ini bekerja dengan melewatkan listik di jarum tajam. Sebanyak 242 frame dari 90 detik film dibuat dengan pengaturan atom tertentu. Film menggambarkan seorang anak bermain dengan bola yang terbuat dari atom tunggal.

Dilaporkan BBC, melibatkan empat ilmuwan selama dua pekan. Mereka bekerja 18 jam per jari. Mereka memanipulasi level atom. Hal itu akan digunakan untuk membuat tempat penyimpanan data di masa depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement