Kamis 14 Mar 2013 17:54 WIB

Sony: Xperia Z Bakal Jadi Pemenang di Indonesia

Sony Xperia Z.
Foto: Sony
Sony Xperia Z.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Setelah sempat diperkenalkan kepada wartawan pekan lalu, duo ponsel pintar Xperia Z dan Xperia ZL akhirnya diluncurkan secara resmi untuk pasar Indonesia, Kamis (14/3).

Produk yang diklaim Sony sudah membenamkan seluruh teknologi terbaik yang mereka punya tersebut diyakini bakal menjadi pemenang di arena pasar ponsel premium tanah air.

"Kenapa menjadi pemenang di Indonesia? Karena semenjak kita menjadi Sony (tidak lagi menggandeng Ericsson, red.), produk pertama yang benar benar memasukan "the best of sony" adalah Xperia Z. Kita yakin Xperia Z akan menjadi pemenang di pasar ponsel premium," ujar Head of Channel & Brand Activation PT Sony Mobile Communications Indonesia, Oky Gunawan dalam peluncuran Xperia Z dan Xperia ZL di Jakarta, Kamis (14/3).

Xperia Z digadang gadang sebagai ponsel pintar yang telah mewarisi teknologi terkini yang dikembangkan Sony, mulai dari sektor audio, layar hingga kamera.

Ponsel ini sudah dibekali layar seluas 5 inci dengan resolusi tinggi 1.920 x 1.080 piksel. Ia disokong teknologi Mobile Bravia Engine 2. Teknologi itu biasa disematkan Sony pada televisi layar datar seri Bravia. Alhasil gambar di layar ponsel ini memiliki kualitas HD dengan warna tajam dan detail.

Dari sektor audio, Xperia Z sudah dibenamkan software audio Sony Walkman. Sementara dari sektor kamera, Sony membawa sensor Exmor RS yang biasa dibenamkan di jajaran produk kamera miliknya. Kamera belakang Xperia Z memiliki jumlah sensor 13,1 MP, depan sensor Exmor R 2MP.

Dari segi spesifikasi, Xperia Z dan Xperia ZL sebenarnya nyaris kembar. Kedua ponsel yang berjalan dengan sistem operasi Android 4.1 (Jelly Bean) itu sudah diperkuat dengan prosesor Qualcomm Snapdragon S4 Pro kecepatan 1,5 GHz. Performanya makin kencang dengan dukungan RAM 2 GB dan unit pemrosesan grafis Adreno 320.

Salah satu perbedaan mencolok dari keduanya adalah Xperia Z dibuat dengan materi yang lebih mahal dan didesain tahan terhadap air dan debu. Xperia ZL tidak didesain untuk tahan air.

Perbedaan lain, panel belakang Xperia Z diselimuti materi kaca anti-pecah dan anti-gores sementara Xperia ZL panel belakangnya terbuat dari materi plastik bergestur, dan agak cembung.

Soal harga, kedua ponsel ini juga memiliki selisih cukup berarti. Xperia Z dibanderol dengan harga Rp 7,499, 000 sementara Xperia ZL, Rp 6,699,000.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement