Jumat 08 Mar 2013 12:03 WIB

Yuk, Intip Penampilan 'News Feed' Terbaru Facebook

Rep: Nur Aini/ Red: Citra Listya Rini
Facebook news feed baru.
Foto: Mashable
Facebook news feed baru.

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Facebook Inc memperkenalkan perubahan besar dalam beberapa tahun pada lini masa atau lebih dikenal dengan Newsfeed. Dengan tampilan baru dan fokus pada foto dan video diharapkan pengguna bisa lebih betah membuka situs media sosial tersebut.

Perubahan pada Newsfeed yang tampilan dan nuansanya sebagian besar tidak berubah sejak awal Facebook, memiliki bagian terpisah untuk foto dan musik. Newsfeed merupakan aliran yang selalu berubah berupa foto, video, dan komentar yang diuanggah dari teman dan merupakan halaman pertama pengguna setelah log in.

Chief Executive Facebook, Mark Zuckerberg, mengatakan perubahan tersebut merupakan bagian dari upaya untuk memposisikan jaringan sosial sebagai surat kabar pribadi. Surat kabar tersebut dilengkapi dengan bagian-bagian yang berbeda untuk dieksplorasi pengguna. Surat kabar tersebut menonjolkan media visual seperti foto dan video.

Perubahan halaman muka Facebook dilakukan setelah fitur pencarian baru dimunculkan. Pencarian grafik tersebut membuat pengguna lebih mudah untuk mencari konten dalam jejaring sosial yang digunakan lebih dari satu miliar pengguna.

Perubahan tersebut diresmikan pada Kamis (7/3) waktu setempat yang memberi standarisasi tampilan pada desktop dan perangkat mobile. Hal itu akan membuat Facebook terus diperbarui seperti Google+.

"Ini hanya memberikan kesempatan lebih bagi orang untuk mengklik dan betah membuka situs (Facebook)," ujar Analis industri dari Gartner, Brian Blau.

Newsfeed diperbarui dengan menyediakan lebih banyak ruang untuk foto dan video yang bisa dibagi pengguna. Hal itu juga memberikan tampilan yang lebih konsisten antara PC dan perangkat mobile. Perubahan akan dilakukan mulai Kamis atau Jumat (8/3) waktu Indonesia.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement