Senin 01 Oct 2012 16:46 WIB

RIM Sangat Optimistik dengan Blackberry 10

Blackberry 10
Blackberry 10

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Research in Motion (RIM) melakukan pembaruan paket SDK  untuk platform BlackBerry 10. Pembaruan itu diperkenalkan di ajang Blackberry Jam yang berlangsung di San Jose, pekan lalu.

Di ajang yang sama, RIM mendemonstrasikan berbagai keunggulan penting yang bisa dimanfaatkan oleh para pengembang guna menciptakan aplikasi yang menarik dan lebih menyenangkan bagi pengguna.

Pada ajang itu, RIM mendemontrasikan  berbagai aplikasi berbasis BlackBerry 10 dari Cisco, Foursquare, Sencha, Gameloft, Halfbrick Studios, Madfinger Games dan Funkoi. Aplikasi- aplikasi ini diklaim mampu menunjukkan fitur yang kaya dan integrasi yang kuat dengan fungsi inti dari BlackBerry 10

Menurut sebuah survei yang dilakukan RIM, dari 5.000 pengembang yang menggunakan perangkat uji Dev Alpha yang didistribusikan di BlackBerry Jam World Tour, ditemukan bahwa 99 dari responden telah memulai proyek pengembangan aplikasi BlackBerry 10.

“Respons terhadap BlackBerry 10 dari semua pihak sangat luar biasa dan para pengembang pastinya telah menerima platform baru ini serta menggunakan kesempatan awal ini dengan memanfaatkan perangkat serta dukungan yang sudah kami siapkan bagi mereka. Komunitas pengguna kami juga telah menyampaikan betapa hebatnya tampilan serta kenyamanan aplikasi baru ini dari berbagai kategori,” kata Alec Saunders, Vice President, Developer Relations and Ecosystems Research In Motion.

Ia menambahkan dengan hadirnya rilis terbaru dari SDK bagi platform ini, aplikasi akan benar-benar dapat memanfaatkan kemudahan fitur sharing dan integrasi. ''Hal ini tentu akan mampu meningkatkan keunikan dari aplikasi yang bisa disajikan bagi komunitas penggunanya.”

Pembaruan paket SDK untuk BlackBerry 10 telah diluncurkan kemarin. Rilis terbaru ini menonjolkan kolaborasi, integrasi fitur secara native dan kesempatan untuk berbagi aplikasi. Pembaruan ini melengkapi native SDK API dan meningkatkan dukungan bagi HTML5-BlackBerry WebWorks. Peningkatan bisa pula dirasakan dari Adobe AIR serta Android runtime.

RIM menyatakan bahwa kalangan komunitas pengembang sangat antusias dengan terbukanya peluang yang muncul bersama BlackBerry 10 sebagai pasar baru bagi aplikasi mereka, sebuah platform yang memungkinkan integrasi dan interaksi dengan pengguna secara mendalam, serta sebuah platform yang sengaja dibuat untuk penciptaan dan berbagi content. .

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement