Jumat 24 Aug 2012 05:03 WIB

Penjualan Tablet Bakal Tembus 100 Juta Unit

Microsoft Surface
Microsoft Surface

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pasar global untuk komputer tablet memperpanjang pertumbuhannya dan kemungkinan akan melampaui 100 juta pada 2012, sebuah perusahaan riset mengatakan Kamis.

Periode April-Juni mencatat sebuah rekor baru untuk pengiriman tablet hampir 25 juta unit -- naik 36 persen dari kuartal sebelumnya dan 77 persen tahun-ke tahun, menurut ABI Research.

Pengiriman iPad Apple mewakili hampir 69 persen dari total, menurut penilaian awal oleh ABI. "Yang paling mengesankan spengiriman ekitar 17 juta tablet Apple pada kuartal kedua yang hampir menyamai total pengiriman 17,3 juta di seluruh dunia pada 2010 untuk semua vendor," kata Jeff Orr, seorang analis ABI.

Itu termasuk pengapalan hampir satu juta perangkat yang lebih tua iPad 2 ke pelanggan pendidikan AS, yang membawa harga jual rata-rata jatuh.

Samsung Korea Selatan menempati penjualan terbesar kedua dengan lebih dari delapan persen dan diikuti oleh Amazon dan Asus Taiwan sementara Dell dan LG ditarik keluar dari pasar.

Dengan tablet baru mencapai pasar dari Google dan Microsoft, ABI mengatakan, pihaknya memperkirakan tren pertumbuhan akan berlanjut. "Pasar tablet berada di trek untuk 102 hingga 110 juta pengiriman ke seluruh dunia untuk setahun penuh 2012," kata Orr.

Survei mencatat bahwa sebagian besar tablet beroperasi sebagai perangkat Wi-Fi tanpa kemampuan untuk "go mobile". Kurang dari 27 persen dari pengiriman baru termasuk modul modem broadband mobile, turun 12 persen dari setahun sebelumnya.

Banyak analis percaya bahwa Apple akan meluncurkan versi yang lebih kecil dari iPad-nya pada tahun ini, dan bahwa Amazon akan merilis Kindle Fire yang telah ditingkatkan (upgrade). Microsoft

menetapkan untuk merilis tablet Surface pada akhir Oktober. Acer dan Asus dari Taiwan merencanakan tablet menggunakan Windows 8 dari Microsoft.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement