Rabu 06 Jun 2012 16:24 WIB

Google Resmi Akuisisi 'Quickoffice'

Quickoffice
Foto: PC World
Quickoffice

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANSISCO - Raksasa internet Google mengumumkan telah mengakuisisi perusahaan aplikasi pengedit dokumen seluler, Quickoffice pada Selasa (5/6) waktu setempat. 

Langkah ini diduga untuk menyaingi Microsoft, yang berencana meluncurkan versi Office-nya untuk tablet iOS dan Android.

Quickoffice adalah aplikasi yang beroperasi sejak 1997 dan segera menjadi perangkat lunak populer untuk menangani dokumen pada sistem operasi Apple iOS dan Google Android. Quickoffice memiliki fitur untuk membuka, membaca, dan mengedit file Microsoft Office dengan integritas data dokumen yang lengkap.

Pihak pembuat aplikasi mengklaim produk mereka telah diunduh dan diinstal ke 300 juta perangkat di 180 negara.

Sepekulasi beredar kalau langkah Google membeli Quickoffice adalah untuk mengantisipasi rencana Microsoft untuk meluncurkan produk Office khusus perangkat tablet dengan sistem operasi iOS, Android dan Windows.

Microsoft Office versi tablet itu rencananya baru akan meluncur pada November. Itu artinya, Google masih punya waktu banyak untuk memperkuat posisi Quickoffice di pasar.

Quickoffice adalah akuisisi besar kedua pekan ini karena sebelumnya pada Senin raksasa internet itu telah membeli perusahaan layanan pesan instan "Meebo".

Menurut laporan sebelumnya dari laman internet teknologi AllThingsD, Google mengeluarkan dana sekitar 100 juta dolar AS untuk membeli Meebo.

sumber : Xinhua, PC World
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement