Rabu 18 Apr 2012 06:10 WIB

SabPub, Trojan Baru yang Siap Menyerang Komputer Mac

Photograph: Tony Avelar/AFP
Photograph: Tony Avelar/AFP

REPUBLIKA.CO.ID - Kabar mengenai terinfeksinya 650 ribu komputer Mac oleh virus Trojan bernama Flashback memang masih segar di ingatan. Namun, belum hilang benar, varian virus baru malah dilaporkan siap mengancam.

Penyedia software anti-virus Kaspersky Lab melaporkan sebuah Trojan bernama SabPub atau nama resminya Backdoor.OSX.SabPub.a ditenggarai sedang menyebar melalui Java dan bisa menginfeksi komputer ketika seseorang membuka pesan email dengan tautan berbahaya yang mengarahkan pengguna ke malware.

“Trojan Flashback dan SabPub sangat berbeda," kata kepala ahli keamanan Kapersky Lab."SabPub adalah Trojan backdoor klasik, yang membuka akses penuh untuk penyerang ke sistem korban. Flashback dan varian turunannya adalah downloader and clickjacking bot, yang berarti ia mempraktekan penipuan klik dengan membajak hasil penelusuran seseorang di search engine didalam broser web mereka." 

“Versi terbaru Trojan SabPub bisa menginfeksi lebih banyak pengguna dari versi sebelumnya, yang muncul awal tahun ini," kata Gostev.

Gostev juga menekankan kalau SabPub telah digunakan untuk menyerang target tertentu. "Sepertinya penyerang memiliki daftar korban terpilih yang tidak terlalu banyak," katanya.

Meski pengguna Mac masih cenderung berfikir mereka aman dari virus, Kapersky Lab mengingatkan bahwa sebelum 2012 sekitar 300 varian malware Mac telah terdeteksi. Saat ini, lebih dari 70 terdeteksi dalam tiga bulan terakhir.

sumber : Mashable, The Guardian,
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement