Jumat 12 Aug 2011 14:12 WIB

Telepon Pintar Bantu Ingatkan Waktu Shalat dan Sahur

Aplikasi shalat
Foto: voa
Aplikasi shalat

REPUBLIKA.CO.ID,Ketiduran pada waktu akan sahur atau bahkan lupa shalat? Hal ini tidak akan terjadi, jika Anda mempunyai telpon pintar. Hal yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi yang kebanyakan cuma-cuma ataupun dengan hanya membayar satu sampai tiga dolar.

 

Blackberry menyediakan aplikasi yang diberi nama Call to Pray secara cuma-cuma. Aplikasi ini mengingatkan waktu sembahyang lima waktu berdasarkan negara di mana kita tinggal. Aplikasi ini juga bahkan bisa menunjukkan arah kiblat. Kitab suci Al Qur’an juga dapat diunduh secara cuma-cuma dengan aplikasi ini.

Aplikasi Islami juga terdapat pada I-phone dan I-pad melalui situs yahoo, Maktoob Ramadan. Muslim dapat mengecek waktu shalat, bahkan juga resep hidangan  berbuka puasa Ramadan.Perusahaan telpon Nokia juga menawarkan hal yang sama dalam iklannya.

 

Aplikasi I-Qur’an milik perusahaan Apple dalam online I-Tunes termasuk  di antara sekian banyak aplikasi yang menawarkan kegiatan bagi Muslim. Dalam situs iQuran, seorang Muslim bernama Ali Meksiki mengatakan “Terberkatilah mereka yang punya gagasan menerapkan aplikasi Islami ini dan juga bagi non- Muslim, karena bisa memahami Islam dan kitab suci kami, Al Quran”.

Selain itu, ada pula aplikasi yang membantu Muslim menemukan mesjid-mesjid terdekat, sehingga memudahkan mereka mendapat teman sesama Muslim. Aplikasi seperti I-Pray Lite and Qibla Compass menggunakan satelit yang mampu menunjukkan arah kiblat. Alat ampuh ini juga menyediakan waktu-waktu sholat di berbagai kota yang berbeda. 

Jadi, para pengguna hanya memilih kota di mana mereka tinggal, dan I-Pray Lite langsung memberi petunjuk jam dan arah kiblat  sholat lima waktu yang tepat. Aplikasi ini tersedia untuk 80 ribu kota di seluruh dunia, serta memuat peristiwa dan perayaan penting bagi umat Islam. Ingin tahu lebih jauh? Silakan kunjungi situs www.MyIslamicApps.com

 

sumber : voanews

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement