Jumat 20 May 2011 08:00 WIB

Sederhanakan Cloud, VMWare Rilis Horizon App Manager

Arsitektur Horizon Aplication Manager
Arsitektur Horizon Aplication Manager

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--VMware meluncurkan VMware Horizon App Manager, suatu layanan untuk pengelolaan akses ke aplikasi cloud yang berorientasi pada pengguna. Dengan solusi ini, diharpkan penggabungkan desktop Windows tradisional dengan aplikasi cloud bisa dilakukan secara aman dan mudah.

“Era mobilitas dan Awan mensyaratkan ketersediaan akses ke aplikasi, dari mana pun, melalui peranti akses apa pun dari dalam maupun luar firewall, serta memberikan tantangan baru bagi model pengamanan dan manajemen korporasi tradisional,” kata Brian Byun, Vice President and General Manager, Cloud Applications, VMware.

Ia menyatakan bahwa VMware Horizon App Manager mampu menangani tantangan-tantangan ini dengan merombak ulang fungsi manajemen pengguna akhir dan aplikasi, menjadi layanan cloud sehingga menyediakan kemudahan bagi TI dan pengguna melakukan pekerjaannya dengan cara-cara baru.”

Inti dari VMware Horizon App Manager adalah sebuah identitas yang berfungsi sebagai penghubung layanan (identity hub) untuk memperluas keamanan dari identitas pengguna dalam sistem-sistem seperti Microsoft Active Directory atau direktori lainnya. Identitas penghubung itu kemudian tersambung dengan berbagai layanan public cloud dari pihak ketiga seperti Box.net, BroadVision, Google, Salesforce.com, WebEx dan Workday.

Metode ini mampu menyederhanakan secara signifikan manajemen access credentials pengguna – sesuatu yang kini menjadi keharusan mengingat semakin banyaknya aplikasi Awan dalam korporasi. Penyederhanaan ini menguntungkan baik pengguna maupun TI karena meniadakan ‘lumbung-lumbung’ identitas yang saling terpisah, menjadi satu identitas korporasi sehingga bisa mengamankan akses pengguna di lintas private cloud dan public cloud.

Selain itu, VMware Horizon App Manager menyediakan platform yang terbuka, berorientasi pengguna untuk mengakses aplikasi cloud ke dalam satu portal aplikasi yang bisa diakses melalui beragam jenis peranti kerja pengguna. Selanjutnya pengguna mendapatkan kebebasan melalui single sign-on (SSO) yang memudahkan akses ke aplikasi cloud mereka melalui portal aplikasi, dengan tampilan seperti ‘toko online.’

Portal Horizon ini memiliki antar muka pengguna yang konsisten, tempat pengguna mengakses seluruh aplikasi kerja dan pribadi melalui berbagai macam peranti. Portal pengguna ini juga memiliki self-provisioning (penyediaan secara swalayan) aplikasi.

Bagi Administrator TI, VMware Horizon App Manager diklaim akan memudahkan pengendalian hak akses bagi hampir semua aplikasi Awan melalui katalog aplikasi terpusat. Administrator mengendalikan akses pengguna via manajemen kebijakan yang kuat dan mampu memberikan data penggunaan aplikasi secara real-time sehingga memperluas visibilitas aktivitas operasional dan memudahkan manajemen lisensi.

Bagi korporasi atau organisasi, VMware Horizon App Manager diklaim mampu memperluas dan menggabungkan berbagai infrastruktur identitas di setiap layanan. Hal ini bertolak belakang dari solusi lain karena VMware Horizon App Manager tidak membutuhkan investasi tambahan untuk peranti keras yang kompleks dan mahal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement