Jumat 13 Jan 2017 10:12 WIB

Aplikasi Cloud Siap Pakai yang Terintegrasi Media Sosial

Rep: Nora Azizah/ Red: Winda Destiana Putri
Aplikasi Cloud (Ilustrasi)
Foto: Digitech
Aplikasi Cloud (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - DataOn sebagai Application Service Provider berbasis cloud meluncurkan Human Resource (HR) Software SunFish Go, kemarin. Konsep SunFish Go atau SFGo bekerja menggabungkan fitur siap pakai yang diperbarui sebagai bagian dari SunFish HR dengan fitur sosial media.

Perangkat lunak juga dilengkapi dengan fitur analisis dan workflow approval. "Software akan siap rilis pada kuartal pertama tahun ini," ujar Presiden Direktur PT Indodev Niaga Internet (DataOn) Gordon J Ens.

Fitur HR dalam SFGo mencakup employee management, organization chart, attendance requests terkait leave, overtime, business travel, dan claims. Sementara fitur sosial media yang dikembangkan terdiri dari push notification, chat, dan feed.

Melalui aplikasi berbasis mobile ini pengguna dapat memanfaatkan fitur analisis berbentuk simple web report, smart dashboard, intelligent alert, dan lain sebagainya. Software demikian dibutuhkan pada tahun ini. Sebab, dunia Teknologi Informasi (TI) semakin memiliki tantangan baru untuk memenuhi kebutuhan yang akan lebih meningkat dan kompleks dibanding tahun sebelumnya.

Keamanan sistem atau jaringan menjadi isu penting yang harus dipersiapkan dengan baik oleh penyedia jasa dan penggunanya. Pasalnya, semakin canggih teknologi yang diterapkan, selalu ada kemungkinan diikuti oleh penyusup dunia maya yang memanfaatkan teknologi mutakhir pula. Menghadapi tantangan tersebut, cyber security bukanlah semata-mata terkait masalah inovasi produk, tapi lebih pada kesiapan untuk menghadapi kemajuan teknologi.

Pada saat penempatan data atau informasi berbasis komputasi awan (cloud), maka penyedia jasa dan penggunanya tersebut harus siap untuk melakukan proteksi untuk menangkal berbagai serangan, termasuk penyusupan dan pencurian data. Ada beberapa metode yang bisa diterapkan seperti instalasi perangkat lunak (software) Intrusion Detection System (IDS), Intrusion Prevention System (IPS), maupun perangkat keras (hardware) berupa alat keamanan jaringan seperti Unified Threat Management yang dapat dimanfaatkan untuk menangkal serangan kemananan sistem dan jaringan.

IDS merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk mendeteksi aktivitas yang mencurigakan dalam sebuah sistem atau jaringan. Sementara Intrusion Prevention System (IPS) adalah sebuah aplikasi yang bekerja untuk memonitor traffic jaringan, mendeteksi aktivitas yang mencurigakan, mempelajari polanya hingga melakukan pencegahan dini terhadap penyusupan atau kejadian yang dapat membuat jaringan menjadi berjalan tidak seperti sebagaimana mestinya. "Kita dituntut harus siap menghadapi resiko tersebut," kata Gordon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement