Rabu 13 Apr 2011 17:25 WIB

Angka Pengunduhan Harian di Nokia Ovi Store Tembus 5 Juta

Nokia Ovi Store
Nokia Ovi Store

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pertumbuhan pengunduh konten dan aplikasi Nokia Ovi  Store meningkat hampir delapan kali dalam selama setahun terakhir . Saat ini, rata-rata pengunduhan harian menembus angka 5 juta download per hari.

Tingginya pertumbuhan pengunduhan di Ovi Store antara lain didukung kehadiran smartphone yang mengusung sistem operasi Symbian terbaru. Smartphone tersebut adalah Nokia N8, Nokia C6-01, Nokia C7 dan Nokia E7. Empat ponsel ini memberikan kontribusi sekitar 15 persen dari total unduhan per hari.

Di sisi lain, peningkatan permintaan aplikasi dari 200 juta konsumen pengguna Symbian membuat katalog Ovi Store berkembang menjadi lebih dari 40.000 aplikasi, dengan sekitar 1.000 aplikasi tambahan setiap minggu. Sebanyak 158 pengembang dari 41 negara telah melampaui titik satu juta download untuk setiap pengembang.

 Siaran pers Nokia menyebutkan bahwa kesempatan bisnis baru yang ditawarkan Nokia disesuaikan untuk pasar lokal dan sudah dilengkapi dengan tagihan operator terintegrasi yang didukung oleh 112 operator di 36 negara, 25 kali lebih banyak daripada jumlah operator yang mendukung tagihan terintegrasi pesaing Nokia yang terdekat.

Transaksi konsumen karena tagihan operator terintegrasi di Ovi Store telah meningkat empat kali lipat, dan ketika digabungkan dengan program beta Nokia untuk penagihan dan pengiklanan in-app, menghasilkan kesempatan pendapatan yang lebih banyak bagi para pengembang di Symbian.

Peluang ini juga tersedia untuk perangkat-perangkat Nokia Series 40, yang akan menghubungkan aplikasi ke satu miliar konsumen seluler berikutnya. Ovi Store, dengan pembaruan yang sebelumnya hanya tersedia untuk perangkat Symbian baru, mencatat pertumbuhan download lebih dari 35 persen untuk perangkat Series 40 dalam dua bulan terakhir, atau setara dengan seperempat dari total download.

Para pengembang dan penerbit menggunakan Ovi Store yang memiliki jangkauan global dan pertumbuhan yang cepat untuk memupuk berbagai komunitas baru. Komunitas-komunitas ini didorong oleh koneksi pengguna lebih dalam dengan aplikasi mereka, yang kemudian mendorong download dan peluang meraih keuntungan bagi para pengembang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement