Kamis 10 Feb 2011 19:12 WIB

Penjualan Ponsel Dunia 2010 Capai 1,6 Miliar Unit

Antre membeli Nokia X2-01
Antre membeli Nokia X2-01

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Angka penjualan ponsel sepanjang tahun 2010 mencapai 1,6 miliar unit atau mengalami pertumbuhan sekitar 31,8 persen dibandingkan dengan tahun 2009. Sekalipun terjadi peningkatan, terjadi perubahan dalam penguasaan pangsa pasar ponsel dunia.

Perubahan ini terjadi akibat meningkatnya angka penjualan smartphone. Berdasarkan riset yang dilakukan Gartner, sepanjang tahun 2010 terjadi peningkatan yang tajam di sektor smartphone. Gartner mencatat angka penjualan smartphone mencapai 296,646 juta unit atau meningkat 72 persen dibandingkan tahun 2009.

Peningkatan penjualan smartphone inilah yang kemudian menempatkan RIM dan Apple pada lima besar dunia. Keduanya menggeser posisi yang sebelumnya diduduki Sony Ericsson dan Motorola. Baik RIM maupun Apple mencatat peningkatan pangsa pasar, sekalipun masih berada di bawah satu persen.

Keluarnya Motorola dan Sony Ericsson dari lima besar dunia tak lepas dari kegagalan mereka mempertahankan pangsa pasar. Sepanjang tahun 2010 mereka kehilangan pangsa pasar masing-masing, 2,4 persen dan 1,9 persen.

Tak hanya Sony Ericsson dan Motorola yang menurun pangsa pasarnya. Nasib serupa dialami Nokia yang mengalami penurunan pangsa pasar hingga 6,5 persen, Samsung yang mengalami penurunan sekitar 1,9 persen,  disusul LG dengan penurunan pangsa pasar    sekitar tiga persen.

''Menguatnya angka penjualan smartphone pada kuartal IV tahun 2010 telah menaikan peringat Apple dan RIM sebagai vendor nomor empat dan lima, sekaligus menggeser posisi yang sebelumnya diduduki Sony Ericsson dan Motorola,'' kata Carolina Milanesi,  vice president Research, Gartner. Ihwal penurunan pangsa pasar Nokia dan LG, Carolina menyebut bahwa dua vendor ini terlambat dalam melakukan perubahan strategi mengenai smartphones.

Tahun 2010, Nokia berhasil menjual 461,3 juta unit ponsel. Dibandingkan tahun 2009, terjadi penurunan sekitar 7,5 persen. Berdasar analisis Gartner, smartphone memberi kontribusi besar bagi penurunan angka penjualan tersebut. Karena pada tahun 2010, angka penjualan smartphone turun sekitar 6,7 persen.

Sementara RIM yang berhasil menjual sebanyak 47,5 juta Blackberry mengalami peningkatan penjualan 38,2 persen. Peningkatan penjualan RIM ditopang oleh sukses besar penjualan di Kuartal IV tahun 2010. Agresifitas RIM menawarkan layanan prepaid menjadi penopang angka pertumbuhan.

Yang juga membukukan sukses besar adalah Apple. Apple berhasil menjual 46,6 juta unit ponsel. Angka ini meningkat 78 persen dibandingkan dengan tahun 2009.Perluasan penjualan produk Apple ke negara-negara berkembang, memberi kontribusi bagi peningkatan penjualan

Smartphone, tampaknya menjadi primadona tahun 2010. Sejauh ini, smartphone memang masih terkonsentrasi di advance market, yakni negara dimana pembeli atau pengguna memiliki pendapatan yang tinggi, tersedia jaringan yang berkualitas dan mampu mendukung seluruh fitur ponsel dengan baik.

Peneliti Gartner, Roberta Cozza menyatakan bahwa smartphone masih terkonsentrasi di Eropa dan Amerika Utara. ''Eropa Barat dan Amerika Utara menyerap sekitar 52,3 persen penjualan smartphone secara global,'' katanya. Ia memperkirakan ke depan masih akan terjadi penguatan pada penjualan smartphone.

sumber : gartner
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement