Selasa 08 Feb 2011 19:39 WIB

Alcatel Lucent Kembangkan Teknologi Fiber Generasi Baru

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Alcatel Lucent berhasil mengembangkan generasi baru teknologi fiber optik. Inovasi yang dikembangkan Alcatel akan memberi kontribusi bagi peningkatan kapasitas maupun bandwith layanan broadband yang diselenggarakan operator telepon kabel.

Alcatel merilis platform akses IP Intelligient Services Access Manager (ISAM) terbaru yang populer dengan sebutan GPON 10G. Ujicoba solusi terbaru telah dilakukan dengan melibatkan Portugal Telecom dan Verizon.

Hasilnya, GPON 10G yang dipasang di sistem jaringan operator, berhasil meningkatkan kecepatan downstream hingga 10 Gbps dan Upstream 2,5 Gpbs. Keberhasilan ini, tentu saja akan memberikan keleluasaan operator dalam menyediakan layanan berkecepatan tinggi, sekaligus mengantipasi meningkatnya kebutuhan bandwith pelanggan layanan broadband.

Inovasi yang dilakukan Alcatel, kata Dave Geary, Head of Alcatel-Lucent Wireline Activities, akan memberi dukungan dan kontribusi penting bagi berbagai iniasiatif berbasis broadband, seperti program. Digital Agenda, Broadband Stimulus dan Universal Broadband. Program dimaksudkan percepatan pertumbuhan sosio ekonomi melalui implementasi broadband.

Dave menyatakan bahwa 10GPON memungkinkan penerapan konsep 'fiber-to-the-home' di komplek perumahan yang padat, sekaligus mengakomodasi peningkatan akses internet melalui ponsel. Ia juga mendukung backhaul 'fiber-to-the-building' untuk mendukung perluasan coverage broadband.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement