Kamis 07 Dec 2023 15:00 WIB

Dukung Pemerataan Internet Fiber Optik, FiberStar Targetkan 2,9 Juta Homepass di 2024

Internet merupakan infrastruktur penting dalam transformasi digital.

FiberStar salah satu penyedia infrastruktur berbasis serat optik berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan pembangunan jaringan fiber optik di Indonesia.
Foto: FiberStar
FiberStar salah satu penyedia infrastruktur berbasis serat optik berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan pembangunan jaringan fiber optik di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewasa ini, kehidupan masyarakat Indonesia tidak luput dari perkembangan digital dan penggunaan internet guna mendukung aktivitas sehari-hari. Internet merupakan infrastruktur penting dalam transformasi digital. 

Tidak dapat dipungkiri fasilitas dan jaringan internet yang merata sangat penting untuk mengakses informasi. Kebutuhan internet yang handal dan berkecepatan tinggi harus ditopang dengan infrastruktur yang baik salah satu medianya adalah serat optik.

FiberStar salah satu penyedia infrastruktur berbasis serat optik berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan pembangunan jaringan fiber optik di Indonesia. Tentunya dengan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh FiberStar antara lain jaringan yang bersifat netral, high speed, stabil serta memiliki keamanan tingkat tinggi serta cakupan nasional yang strategis untuk perkotaan dan daerah.

Pencapaian homepass sampai dengan akhir tahun 2023 FiberStar mencapai 1,9 juta homepass, yang tersebar di 135 kota dan 17 provinsi, dari pulau Sumatera Jawa-Bali, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan hingga Sulawesi Selatan.

Menurut Irawan Delfi selaku Network Development Division Head FiberStar, demi menjangkau lebih banyak daerah di Indonesia, FiberStar berinisiatif melakukan penambahan 1 juta homepass di tahun 2024, hingga akhir 2024 Fiberstar memiliki total Homepass menjadi 2,8 juta homepass. 

photo
FiberStar salah satu penyedia infrastruktur berbasis serat optik berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan pembangunan jaringan fiber optik di Indonesia. - (FiberStar)

 

Untuk peningkatan kehandalan jaringan serta modernisasi jaringan backbone, Irawan Delfi juga menyampaikan pada tahun 2023 Fiberstar sudah selesai melakukan modernisasi dan mengintegrasikan jaringan backbone Jawa-Bali baik di darat maupun melalui kabel laut Jakarta - Surabaya dengan teknologi ASON dari HUAWEI. Dengan integrasi jaringan kabel darat dan kabel laut tersebut memungkinkan jaringan memulihkan diri secara pintar jika terjadi ganguan pada salah satu jalur kabel optik sehingga ganguan layanan bisa di minimalisir dan meningkatkan kehandalan dari jaringan tersebut.  

Teknologi yang sama juga sudah di implementasikan pada jaringan antar-Data Center yang berada di Jabodetabek dengan kapasitas besar. Modernisasi dengan teknologi terkini di butuhkan semata mata demi kepuasan pelanggan setia kami, Ujar Bapak Irawan Delfi. 

“Semoga dengan adanya penambahan homepass dan modernisasi jaringan ini, menjadikan FiberStar menjadi salah satu penyedia jaringan telekomunikasi terdepan, dan selalu berkontribusi dalam percepatan pengembangan internet di Indonesia, hingga tersebar secara merata dan memudahkan pengguna dalam mengakses informasi hingga ke pelosok negeri,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement