Senin 31 Jan 2011 19:38 WIB

Geser Blackberry, Ovi Store Pasok 30 Ribu Aplikasi Baru

logo ovi store
Foto: nokia
logo ovi store

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Aplikasi baru di Ovi Store-- mal virtual Nokia--, pada kuartal IV Tahun 2010 mencapai 30.000. Sukses ini berhasil menggeser Blackberry Apps World, dengan aplikasi baru mencapai 16 ribu.

Aplikasi baru Ovi Store diungkap Stephen Elop, CEO  Nokia dalam suatu conference call. Pernyataan Elop, menarik perhatikan kalangan analis. Tidak biasanya Nokia mengumumkan jumlah produksinya. Pernyataan Elop yang disampaikan melalui conference call, tak urung menjadi pernyataan pertama Nokia soal angka suatu produk.

Ovi Store menunjukan perkembangan menarik. Apa yang disampaikan Elop, lebih tinggi dari prakiraan kalangan analis. Mereka sebelumnya memperkirakan aplikasi yang berhasil dihimpun Ovi Store pada kuartal IV berkisar antara 25 ribu hingga 28 ribu.

Selain jumlah aplikasi, Nokia juga mengungkan mengenai pengunduhan. Pada kuartal IV pengunduhan rata-rata per hari mencapai 4 juta. Dari 4 juta unduhan perhari, sekitar 70 persen atau 2,8 juta konten yang diunduh adalah aplikasi.

Sukses Ovi Store, tak urung menggeser posisi Blackberry App World yang dikembangkan Research in Motion. Pada kuartal IV 2010, RIM mencatat ada 16 ribu aplikasi baru dan pengunduhan harian mencapai 2 juta per hari. Sementara Microsoft Window Phone 7 memiliki 6.500 aplikasi. Berapa jumlah pengunduhnya, belum ada data.

Berapa penghasilan yang dihimpun dari layanan ini, masih belum terungkap. Pasalnya tidak semua aplikasi yang diunduh berbayar. Sebagian besar bahkan tak berbayar. Survei yang dilakukan Distimo menyebutkan bahwa sepanjang tahun 2010 aplikasi di Ovi Store meningkat 258 persen, sementara aplikasi gratis di layanan ini meningkat 899 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement