Rabu 22 Dec 2010 19:15 WIB

Nokia akan Berlabuh ke Windows Mobile 7 ?

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Nokia berencana merilis ponsel dengan sistem operasi Windows Mobile 7. Rumor mengenai hal ini, antara lain diungkap Mobile-Review, Rusia.

Beredar kabar, pihak Nokia telah melakukan serangkaian diskusi mengenai kemungkinan menggunakan WM-7 untuk ponselnya. Inisiatif pertemuan, kabarnya, datang dari pihak Nokia.

Sekadar mengingatkan, untuk kategori Smartphone Nokia mengandalkan Symbian. Nokia juga tengah mengembangkan sistem aplikasi terbaru Maemo. Bersama-sama dengan Intel, Nokia mengembangkan Maemo menjadi sistem operasi baru yang diberi nama MeeGo.

Spekulasi ini memang dikaitkan dengan kehadiran CEO baru Nokia, Stepen Elop. Sebelum bergabung dengan Nokia, Elop dikenal sebagai seorang eksekutif di Microsoft. Elop sendiri disebut-sebut ikut mengendalikan divisi smartphone Nokia.

Berkembang spekulasi bahwa Nokia akan mengusung WP7 untuk mengimbangi pertumbuhan Android ke depan. Apalagi dua pesaing terdekatnya, Samsung dan LG, telah menggunakan sistem operasi ini pada sebagian smartphonenya.

Berbagai analis menyebut bahwa WM7 menjadi solusi bagi Nokia yang diklaim lemah dalam  smartphone high end, sekalipun menjadi pemain dominan di kelas menengah dengan portofolio Symbian. WM7 dinilai akan memberikan 'tenaga baru' bagi Nokia dalam mengembangkan ponsel premium, ketimbang MeeGo yang dikembangkan bersama Intel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement