Rabu 15 Dec 2010 06:34 WIB

F-Secure, Menghapus Data di Ponsel dengan SMS

F-Secure
F-Secure

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Kabar gembira bagi pengguna communicator Nokia. Dalam waktu dekat, Nokia Indonesia akan merilis Nokia E7, yang tidak saja memiliki fitur bisnis yang kaya, namun juga FSecure, aplikasi security yang bisa diandalkan.

Fsecure merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna Nokia E7 melakukan lock dan wipe (menghapus) data-data yang ada di ponsel, saat ponsel hilang atau dicuri. '' Lock atau wipe bisa dilakukan dengan mengirim SMS,'' kata Product Manager Nokia Indonesia, Irwan Hermawan.

Ponsel yang dilock, kata Irwan, hanya bisa dibuka kembali di Nokia Service Centre. Namun demikian, data-data yang dihapus tidak bisa dikembalikan. ''Aplikasi ini belum menyediakan back up data. Untuk layanan back up data bisa memanfaatkan layanan yang disediakan oleh operator,'' kata Irwan.

Lantas setelah dibawa ke Nokia Service Centre, bagaimana nasib file atau data yang ada di ponsel. Data atau file yang ada di ponsel praktis akan hilang atau terhapus. Karena untuk membuka lock harus dilakukan up date.

Disisi lain, terdapat fitur yang memungkinkan pengguna bisa mengindentifikasi lokasi dimana ponselnya berada, dengan menggunakan peta (virtual), saat ponselnya hilang dicuri. Fitur ini, tentu saja memudahkan penggunanya melacak E7 yang hilang.

F-Secure merupakan fitur terbaru yang dikembangkan Nokia untuk kenyamanan pengguna ponsel, utamanya pengguna ponsel bisnis. Aplikasi ini, kata Irwan, memang baru dibenamkan di Nokia E7. Pertimbangannya, pengguna smartphone bisnis membutuhkan aplikasi seperti ini.

Security, kata Irwan kemudian, menjadi salah satu fitur unggulan ponsel yang bekerja dengan sistem operasi Symbian 3. Untuk akses intranet, misalnya, dikembangkan suatu sistem security yang akan menjamin keamanan komunikasi maupun data-data yang ditransfer. Selain aman, koneksi intranet dengan dukungan Nokia Mobile VPN juga semakin mudah dan simpel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement