Jumat 19 Nov 2010 21:07 WIB

Ovi Store Geser App Store, Pengunduhan Capai 3 Juta Per Hari

logo ovi store
Foto: nokia
logo ovi store

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Ovi Store makin populer saja. Pengunduhan di mal virtual yang dikembangkan Nokia ini mencapai 3 juta per hari. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan angka pengunduhan pada layanan sejenis saat ini.

Peningkatan signifikan jumlah pengunduh Ovi Store, patut diduga, terkait dengan implementasi sistem operasi terbaru Symbian, yang menawarkan tampilan yang lebih ramah pengguna serta lebih banyak aplikasi dan permainan populer.

Nokia juga meraih momentum pengembang perangkat lunak yang signifikan dengan lebih dari 400.000 anggota baru dalam 12 bulan terakhir, dan 92 di antaranya melampaui titik 1 juta unduhan untuk aplikasi mereka.

“Pertumbuhan luar biasa di Ovi Store yang melampaui 1 miliar unduhan tahunan memperlihatkan bahwa Nokia bisa diperhitungkan dalam soal operasional dan ukuran untuk berbagai layanannya,” kata Scott Ellison, Vice President, Mobile and Consumer Connected Platforms, IDC.

Ia menambahkan dengan fokusnya yang lebih kuat di platform Qt dan ekosistem pengembang yang lebih baik Nokia diprediksi Scott akan membukukan pertambahan pengembang.  ''Seiring dengan semakin banyak keuntungan yang didapatkan para pengembang lewat pembagian keuntungan yang baru, penagihan lewat operator, dan jumlah pengguna yang semakin banyak di seluruh dunia,” ujar Scott.

Bagi manajemen Nokia sendiri, pertumbuhan ini sebuah fenomena menarik. “Ovi Store berada dalam jalur cepat yang diberdayai oleh berbagai aplikasi dan permainan baru yang dikembangkan oleh mitra yang semakin bertambah jumlahnya, dan lebih dari 250.000 konsumen baru yang mendaftar di Ovi tiap harinya,” kata Tero Ojanperä, executive vice president, Services,  Nokia.

Ia menjelaskan bahwa jumlah unduhan harian telah meningkat dari sekitar 2 juta menjadi 3 juta sejak September. '' Kami berharap perkembangan ini akan terus berlanjut, seiring dengan peluncuran berbagai smartphone Symbian baru kami, ” katanya.

Bagi pengembang sendiri, Ovi Store adalah sebuah tantangan. “Tanpa anggaran promosi atau pemasaran, dalam beberapa minggu kami telah mencapai 200.000 unduhan di Ovi Store lebih cepat dibanding App Store,” kata Anton Gauffin, CEO, BLStream, pembuat permainan Crazy Hamster. Ia mengaku terkejut karena kinerja Ovi Store mampu mengungguli App Store

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement