Selasa 02 Jan 2024 13:53 WIB

Ini Panduan Menemukan dan Membatalkan Langganan yang tak Digunakan

Subscription atau langganan layanan dapat menyedot uang tanpa disadari.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Friska Yolandha
Ilustrasi berlangganan aplikasi premium. Berikut sejumlah cara untuk menghentikan langganan (subscription) sejumlah aplikasi.
Foto: PLN
Ilustrasi berlangganan aplikasi premium. Berikut sejumlah cara untuk menghentikan langganan (subscription) sejumlah aplikasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Langganan (subscription) menjadi hal umum dari game VR hingga layanan streaming video, yang menyedot uang tanpa kita sadari. Untungnya, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menemukan dan membatalkan langganan yang tak terpakai dengan mudah.

Dilansir Engadget pada Selasa (2/1/2024), Anda dapat membersihkan langganan yang tidak diinginkan dan menghemat uang.

Ada beberapa cara untuk mengidentifikasi langganan apa saja yang kita beli. Pertama, periksa transaksi bank atau kartu kredit. Telusuri setiap transaksi dalam sebulan penuh untuk melihat langganan bulanan yang mungkin terdaftar.

Kemudian, cari email konfirmasi langganan. Gunakan fungsi pencarian email dengan kata kunci "selamat datang" atau "terima kasih" untuk menemukan pesan awal dari layanan yang mungkin Anda langgani.

Ada beberapa aplikasi berlangganan umum yang sering dilupakan. Di bidang hiburan, ada langganan YouTube Premium, Amazon Prime Video, Netflix, Disney+, Pandora Premium, Twitch Subscriber, dan Crunchyroll. Kemudian, PlayStation Plus, Xbox Game Pass, Nintendo Switch Online.

Aplikasi pekerjaan pun ada yang bisa menyedot dana bulanan seperti LinkedIn Premium, Adobe Creative Cloud, Microsoft 365, ToDo, dan Evernote. Jangan lupakan aplikasi kencan seperti Tinder, Grindr, Bumble, Hinge, hingga Raya.

Umumnya, jika Anda membayar langganan melalui toko aplikasi, transaksi tersebut akan dicantumkan sebagai pembayaran ke Apple atau Google. Berikut ini langkah-langkah untuk membatalkan beberapa langganan populer.

Berikut cara membatalkan langganan layanan sejumlah aplikasi...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement