Sabtu 10 Feb 2024 14:20 WIB

Apple Resmi Luncurkan 3 Aplikasi di Windows

Aplikasi ini diluncurkan Apple untuk mengalihkan pengguna dari ketergantungan itunes.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
iCloud. Apple baru saja meluncurkan aplikasi Apple TV, Apple Music, dan Apple Device di Windows pada pekan ini.
iCloud. Apple baru saja meluncurkan aplikasi Apple TV, Apple Music, dan Apple Device di Windows pada pekan ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple baru saja meluncurkan aplikasi Apple TV, Apple Music, dan Apple Device di Windows pada pekan ini. Kehadiran tiga aplikasi ini dirancang untuk mengalihkan pengguna Windows dari ketergantungan terhadap iTunes.

Ketiga aplikasi ini awalnya diluncurkan sebagai preview pada tahun lalu. Namun kini, Apple telah menghapus tanda preview setelah resmi bekerja sama dengan Microsoft untuk merilis aplikasi-aplikasi tersebut.

Baca Juga

Kehadiran aplikasi Apple TV, Apple Music, dan Apple Device serta aplikasi iCloud untuk Windows dirancang untuk mengalihkan pengguna Windows dari ketergantungan terhadap iTunes, menurut MacRumors. Alasannya, pengguna Windows yang sudah menggunakan aplikasi Apple TV, Apple Music, dan Apple Device tak perlu lagi menggunakan iTunes untuk mengakses konten, kecuali konten podcast dan audiobook.

Aplikasi Apple Music memungkinkan pengguna untuk mengakses library iTunes beserta lagu dan album yang telah mereka beli. Di sisi lain, aplikasi Apple TV memungkinkan pengguna Windows untuk menonton film dan serial televisi dari library iTunes mereka atau konten berlangganan lain.

Seperti dilansir The Verge pada Sabtu (10/2/2024), aplikasi Apple Devices memungkinkan pengguna PC Windows untuk melakukan backup atau memulihkan data dari iPhone dan iPad mereka. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna Windows untuk melakukan sinkronisasi konten pada perangkat-perangkat gawai tersebut.

Microsoft telah bekerja sama dengan Apple untuk menghadirkan aplikasi-aplikasi tersebut. Bahkan pada pekan ini, Microsoft turut menyambut peluncuran ketiga aplikasi terbaru Apple untuk Windows tersebut.

Sebelumnya, Microsoft juga telah merilis integrasi iCloud Photos pada Windows. Fitur ini memungkinkan pengguna Windows untuk menautkan library iCloud Photos langsung ke aplikasi Photos bawaan Windows 11.

Untuk saat ini, aplikasi-aplikasi Apple untuk Windows hanya tersedia untuk PC berbasis x86 tradisional yang menjalankan Windows 10 atau Windows 11. Untuk saat ini, belum ada indikasi yang menunjukkan bahwa aplikasi serupa akan dihadirkan untuk perangkat Windows versi ARM64 yang dimotori oleh Qualcomm. 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement