Senin 15 Nov 2010 02:14 WIB
USB on the Go

Transfer Data Simpel dari Ponsel ke Ponsel

USB on the Go
Foto: Nokiophone,net
USB on the Go

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--USB on the Go, rupanya menjadi andalan baru Nokia untuk meningkatkan selling point produknya dalam menghadapi kompetisi yang semakin sengit di pasar gadget.  Nokia tercatat sebagai vendor pertama yang menggunakan teknologi terbaru USB ini di ponsel.

''Dengan USB on The GO transfer data, file, foto hingga video bisa berjalan cepat dan simpel,'' kata Manager Product Nokia Indonesia, Legi Sugiyanto. Teknologi ini disebut Legi menjadi solusi kebutuhan akan transfer data ponsel yang terus meningkat saat ini.

Menurut Legi, transfer data menggunakan Bluetooth, misalnya, membutuhkan waktu. Transfer data atau file ukuran 5 MB, misalnya, membutuhkan waktu beberapa menit. Padahal data atau file yang dimiliki pengguna ponsel makin besar, seperti file video.

Untuk file video, umumnya memiliki kapasitas puluhan atau ratusan MB. ''Kalau menggunakan bluetooth, berapa jam waktu yang dibutuhkan untuk mentransfer data tersebut,'' kata Legi. Untuk transfer data berkapasitas besar, pengguna ponsel umumnya memanfaatkan komputer, baik desktop maupun laptop.

Pengunggaan laptop atau desktop, dalam batas-batas tertentu, kurang praktis. Mengingat kebutuhan transfer terjadi kapan saja dimana saja. Kebutuhan seperti inilah yang kemudian membidani kelahiran USB on the Go.

Secara sederhana, USB On the Go adalah penambahan fungsionalitas host untuk koneksi periferial USB. Ia merupakan pengembangan lebih lanjut teknologi USB untuk peranti bergerak, seperti telepon seluler. Dalam hal ini USB on the Go bisa berfungsi sebagai periferial atau host.

Perkembangan teknologi inilah yang kemudian mempertemukan suatu sistem transfer data dari ponsel ke ponsel, layaknya transfer data dari komputer ke ponsel. Dengan sistem baru, kata Legi, data bisa langsung ditransfer dari ponsel ke ponsel.  ''Tak lagi membutuhkan dukungan komputer atau bluetooth,'' kata Legi kemudian.

Produk pertama yang telah dilengkapi teknologi ini adalah N8. ''Pada setiap paket pembelian N8 pelanggan akan mendapatkan satu uSB on the Go,'' kata Legi. Perangkat yang sama akan dikembangkan di smartphone yang lain, seperti E7.

Perangkat ini memiliki fungsi sebagai konektor, antara ponsel dengan perangkat lain, seperti ponsel, kartu memori atau perangkat portabel yang lain. ''Tidak hanya bisa mentransfer data, USB on the Go memungkinkan kita membaca bahkan melakukan editing melalui ponsel pada data-data yang ada di luar ponsel,'' kata Legi.

Nokia sendiri juga meningkatkan kinerja produk terbarunya untuk mendukung layanan USB on the Go ini. Pada N8, misalnya, pengguna bisa menyimpan file secara langsung namun terpisah dari ponsel . ''Ini salah satu kelebihannya,'' kata Legi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement