Kamis 16 Sep 2010 03:47 WIB

Ini Dia, Communicator Nokia Generasi Baru

Nokia E7
Foto: Nokia
Nokia E7

REPUBLIKA.CO.ID,

JAKARTA--Pasca kehadiran E90 sekitar tiga tahun yang lalu, Nokia seperti melupakan Communicator yang memiliki pangsa pasar tersendiri di Indonesia maupun pasar global. Vendor ponsel terbesar dunia ini lebih tertarik menggeber seri E berdesain kotak. E63,E71 dan E72 memang laris manis di pasar. Para pengguna Communicatorpun banyak beralih ke gadget ini.

Rupanya, Nokia tak ingin kehilangan penggemar Communicator. Pada ajang

Nokia World yang digelar di London, 14-15 September 2010, Nokia memperkenalkan tiga ponsel terbaru. Salah satu diantaranya adalah E7. Ia digadang-dagang sebagai communicator versi terbaru.

Selain E7, Nokia memperkenalkan C6 dan C7. Ketika ponsel ini bersama dengan N8 yang telah diperkenalkan sebelumnya bekerja dengan sistem operasi terbaru, Symbian 3. Tak jelas, mengapa Nokia masih memilih Symbian, padahal bersama dengan Intel ia tengah mengembangkan Meego yang diharapkan mampu menyaingi Android atau Windows MObile.

C6 dan C7 merupakan pengembangan dari varian sebelumnya dan lebih fokus pada upaya untuk kebutuhan berjejaring sosial. Sementara E7 merupakan Eseries terbaru yang diklaim Nokia sebagai pengganti "Nokia Communicator".

Mengusung desain sliding, E7 memiliki layar berdiameter 4 inci. Ponsel layar sentuh full Qwerty ini didukung dengan teknologi Clear Back untuk kenyamanan para penggunanya saat mengaktifkan layar di luar ruangan.

Layar lebar,versi Nokia, menawarkan kemudahan dalam pengelolaan dokumen, review spreadsheets, hingga melakukan editing slides. Sebagaimana ponsel serie E lain, E7 mendukung layanan push mail korporat maupun personal. E7 juga mendukung berbagai aplikasi microsoft office mobile.

Bekerja dengan Symbian 3, keempat ponsel memiliki sekitar 250 fitur baru, termasuk fitur lama yang telah dikembangkan. Ke empat gadget ini juga diperkaya dengan apliasi ovi versi terbaru.

C7 memiliki layar berdiameter 3,5 inci Amoled. Mendukung layanan jejaring sosial global, ponsel ini juga mendukung layanan push mail melalui Nokia Messaging. Pengguna bisa memantau imel dengan akun Yahoo atau Google langsung dari homescreen. C6 spesifikasinya tak berbeda jauh dengan C7. Yang menjadi pembeda adalah layarnya yang lebih kecil yakni 3.25 inci Amoled.

Symbian rupanya masih menjadi andalan Nokia. Dalam satu hari, rata-rata terjual 260 ribu unit ponsel yang mengusung sistem operasi Symbian di seluruh dunia. Tiga ponsel terbaru ini akan dipasarkan mulai akhir tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement