Rabu 07 Jul 2010 02:50 WIB

Dibekali HTML 5, Opera 10.6 Janjikan Kinerja Lebih Baik

Rep: Agung Sasongko/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Opera 10.60
Opera 10.60

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Opera tak lama lagi merilis Opera 10.6. Versi ini diklaim Opera yang tercepat dibanding browser yang sudah dirilis sebelumnya. Acuannya, Opera mampu menghadirkan kecepatan 50 persen lebih baik ketimbang versi sebelumnya saat uji pengarsiran Javascripts.

Selain mengumbar kecepatan, Opera 10.6 juga dibekali ragam fitur seperti search suggestions (saran pencarian), geolocation, WebM dan Web worker, serta HTML5 untuk aplikasi offline. Khusus fitur geolocation, pengguna dimungkinkan mendeteksi lokasi melalui browser.

Sedangkan teknologi HTML 5 Apache dan Web Workers, Opera memungkinkan pengguna memanfaatkan browser untuk aplikasi yang lebih luas, misalnya sebagai pengolah kata, penyunting gambar dan lainnya. Kemampuan itu berbeda 180 derajat dengan versi sebelumnya yang sering menemui masalah lantaran tidak kompatibel atau tidak bisa membuka web dengan sempurna karena masalah JavaScript dan lainnya.

Bagi yang tertarik mencoba bisa langsung mengunduh pada situs www.opera.com/download. Sedangkan bagi pengguna browser Opera sebelumnya, dapat langsung menggunakan versi terbaru melalui Menu Help dengan mengklik opsi Check for Updates.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement