Sabtu 08 May 2010 06:41 WIB

Layanan Data Sumbang 8 Persen Pendapatan XL

JAKARTA--PT XL Axiata menyatakan, kontribusi layanan data terhadap pendapatan perusahaan tahun ini bakal mencapai delapan persen, naik dari tahun 2009 sekitar 6 persen.

"Peningkatan layanan data didorong melonjaknya data mobile yang dalam setahun terakhir mencapai 350 persen," kata Direktur Commerce XL Axiata, Joy Wahyudi, di Jakarta, Jumat.

Ia menjelaskan, kenaikan layanan data mobile tercermin dari maraknya penggunaan fitur layanan jejaring sosial facebook, twitter, dan yahoo messenger. "Komunikasi melalui situs pertemanan terus meningkat," katanya.

Selain adanya perang tarif layanan internet mobile, melonjaknya penggunaan layanan data juga karena harga ponsel semakin turun. "Saat ini ponsel yang dapat mengakses GPRS semakin murah, demikian juga 'smart phone' (ponsel pintar)," katanya.

Lebih lanjut diutarakan Joy, konten layanan juga memicu berkembangnya layanan data. "Konten berbasis GPRS jumlahnya terus meningkat, dan semakin kreatif," ujarnya.

Dicontohkan, salah satu layanan konten yang dikembangkan XL adalah akses facebook mobile dengan tarif Rp 550 per hari. Pada kesempatan itu, Joy menjelaskan XL juga telah melengkapi layanan seluler dengan XL Mobile Video Service.

Layanan yang diluncurkan mulai 7 Mei 2010 ini, ini memungkinkan pelanggan mencari dan memutar video dari berbagai website dengan tarif murah. "Melalui XL mobile video service ini, kini pelanggan XL bisa mengakses video yang tersebar di internet," ujarnya.

Dengan XL mobile video services ini Joy mengklaim, akses video akan semakin mudah dan lebih cepat. Tarif yang dikenakan untuk berlanggan adalah Rp 550 per hari dan tarif GPRS Rp 0,5 per KB. Pengembangan layanan ini dilakukan XL bersama PT Numedia Global yang merupakan partner lokal dari VuClip. Selain layanan videochat, XL juga mengeluarkan layanan Facebook, dan unlimited Chat Mig33.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement