REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Operator seluler PT XL Axiata Tbk menargetkan 14 juta pelanggan aktif data pada 2012. Target itu naik dua kali lipat dibanding penggunaan data 2011 sekitar 7 juta pelanggan.
"Tahun ini (2012) kami akan menggenjot pengguna pelanggan data aktif," kata Direktur Service Management XL Ongki Kurniawan di Jakarta, Rabu.
Ongky menjelaskan, untuk mencapai target tersebut perusahaan meningkatkan manajemen pelayanan yang lebih baik.
Saat ini, katanya, dari 48 juta pelanggan seluler, 27 juta nomor di antaranya terhubung data dan Internet. Namun baru 7 juta yang benar-benar aktif atau secara rutin mengakses data.
XL mengalokasikan investasi sekitar 10 juta dolar AS untuk meningkatkan kualitas layanan bagi pelanggan, khususnya di jasa data.
"Dari belanja modal (capex) XL sebesar Rp7 triliun-Rp8 triliun 2012, sebesar 60 persen digunakan untuk data," ujarnya.
Dari 60 persen tersebut, Direktorat Service Management XL memperoleh sekitar 10 juta dollar AS untuk mengembangkan proses bisnis data, konfigurasi, introduce, dan monitoring tools.