Selasa 27 Apr 2010 05:59 WIB

Fujitsu Uji Coba Cloud Computing

JAKARTA--Fujitsu makin serius saja mengembangkan cloud computing yang berlandaskan pada empat model pemakaian sumber daya komputasi: infrastruktur, aplikasi, aktivitas dan konten.  Uji coba akan dikembangkan mulai Mei 2010.

Melalui pendekatan itu, Fujitsu mengklaim pelanggan bisa menerapkan sebagian atau seluruh model cloud computing tanpa gangguan. Fujitsu telah menawarkan platform cloud computing untuk model infrastruktur yang kini diperkuat dengan penerapan platform standar cloud computing global secara luas.

Uji coba direncanakan mulai Mei 2010, dilanjutkan dengan komersialisasi pada Oktober 2010 di Jepang, lalu Australia, Singapura, Amerika Serikat, Inggris dan Jerman.

“Fujitsu telah mengembangkan teknologi cloud computing dengan melihat perubahan dalam masyarakat dan bagaimana teknologi bisa membantu manusia melewati perubahan tersebut – inilah yang kami sebut sebagai sudut pandang human-centric,” kata Achmad S. Sofwan, Chief Operation Officer, Fujitsu Indonesia. Di Jepang, kata Sofwan, Fujitsu berhasil menjalankan uji coba yang melibatkan pertanian dan kesehatan. 

Platform global ini akan menjadi pelengkap platform lokal, dengan memenuhi kebutuhan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang terstandarisasi secara global. Melalui cara ini, pelanggan bisa mengadopsi layanan baik dari platform lokal maupun global secara fleksibel. Dengan pendekatan ini, diharakan pelanggan bisa mengurangi biaya-biaya TIK, lebih tanggap terhadap kebutuhan bisnis dan bisa menyediakan layanan TIK tanpa mengorbankan keamanan dan tingkat ketersediaan.

Fujitsu melihat layanan cloud computing sebagi evolusi, bukan revolusi. Untuk itu, model pemakaian sumber daya komputasi di tingkat infrastruktur dan aplikasi adalah perpanjangan dari layanan konvensional yang selama ini ditawarkan Fujitsu. Namun di tingkat aktivitas dan konten, keduanya mencerminkan perubahan signifikan di industri TIK dalam hal menciptakan nilai dengan mengembangkan berbagai model bisnis dan layanan baru bagi para pelanggan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement