Rabu 04 Jan 2023 21:29 WIB

Agar Foto LinkedIn Anda Terlihat Profesional

Ada cara foto yang tepat agar Anda tampak profesional.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Situs jejaring sosial LinkedIn.
Foto: EPA
Situs jejaring sosial LinkedIn.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Di era media sosial, foto yang keren menjadi syarat utama. Terlebih untuk kebutuhan profesional seperti akun di LinkedIn. Lantas, bagaimana kiatnya agar foto Anda yang tampil di LinkedIn bisa terlihat profesional?

Satu triknya adalah Anda bisa mengambil foto dengan professional headshot. Dilansir dari  Study International, Rabu (4/1/2023), ditemukan bahwa profil LinkedIn dengan professional headshot cenderung lebih banyak dilihat hingga sekitar 14 kali dan 36 kali lebih mungkin untuk dihubungi. 

Baca Juga

Ada alasan sederhana untuk ini yaitu saat pemberi mencari kandidat dan menemukan profil Anda, foto wajah Anda akan menjadi hal pertama yang mereka lihat. Ini dapat sangat mengubah persepsi mereka tentang Anda, tergantung pada seberapa profesional gambar Anda terlihat.

Lebih dari itu, professional headshot juga dapat berguna untuk berbagai hal lainnya. Misalnya, banyak siswa membutuhkan foto yang terlihat profesional untuk pengajuan visa atau paspor mereka.

Berikut adalah beberapa tip dan trik dari para ahli untuk mengambil foto professional headshot.

1.Gunakan smartphone dengan kamera yang bagus. Aspek yang terpenting untuk mendapatkan professional headshot yang hebat adalah kamera yang Anda gunakan.

Sebagian besar fotografer profesional akan menggunakan kamera sungguhan, tetapi ponsel cerdas yang tepat bisa sangat membantu dalam mengambil foto yang sempurna untuk Anda.

2.Coba gunakan smartphone dengan pengaturan untuk portrait mode. 

Anda dapat menemukannya di iPhone terbaru, ponsel Samsung Galaxy, dan OPPO Reno8 Pro. Google Pixel 5 dan Xiaomi Mi 11 juga merupakan perangkat yang bagus.

Dapatkan latar belakang yang bagus. Terlihat bersih dan tajam atau memiliki riasan wajah yang sempurna tidak akan ada bedanya jika Anda tidak memiliki latar belakang yang baik. Dalam kampanye baru-baru ini, OPPO dan fotografer ahli Shane Taylor menguraikan hal yang harus dilakukan untuk setiap siswa yang ingin mengambil foto profesional.

“Dengan headshots, Anda ingin subjek menjadi elemen paling dominan dalam bingkai,” kata Taylor seperti dikutip. “Sering kali, cara termudah untuk menemukan latar belakang yang bersih dan netrak yang tidak mengalihkan perhatian dari bintang bidikan.”

 

3.Ketahui cara menyusun bidikan Anda. 

Anda bisa menggunakan rule of third dalam fotografi. Sederhananya, ini adalah pedoman komposisi yang umumnya menghasilkan bidikan yang lebih menarik atau menyenangkan secara visual.

Rule of third adalah tentang menggunakan garis vertikal dan horizontal dengan jarak yang sama di foto Anda untuk membuat sembilan kotak,” kata OPPO dan Taylor. “Misalnya, orang tertarik pada mata di foto, sehingga mata Anda berada di persimpangan gridlines.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement