Kamis 08 Mar 2012 05:51 WIB

Apa yang Baru di Google Play? Majalah dan Buku Audio!

Google Play
Foto: Screenshot Google Play/Republika.co.id
Google Play

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sudah menengok versi iTunes ala Google? Kemarin, Selasa (6/3) Google meluncurkan Google Play, Android Market yang telah 'dipermak ulang'. Di sana semua penawaran media Google dikonsolidasikan, termasuk aplikasi, musik, film dan e-book dalam satu portal. Betul, mirip konsep iTunes tapi dengan rasa Google.

Namun terlihat bahwa ambisi Google untuk menciptakan portal tandingan iTunes tak berhenti di sana. Dalam Help Center untuk Google Play, telah muncul laman-laman kosong berjudul 'Audio Books' begitu juga "Magazine and journals". Laman tadi menjadi pertanda jelas atas konten Google di masa depan.

Item buku audio itu pertama kali disadari oleh situs berita--bukan resmi--seputar Google, Google Operating System. Blog ini pula yang menemukan dua genre dalam buku audio yang tercantum di Google Play.

Tak mengejutkan bila benar Google masuk ke konten buku audio, sebuah pelengkap signifikan untuk penawaran dalam Google Play, begitu pula majalah, surat kabar, katalog, konten pendidikan, tayangan televisi dan item lain yang kini juga dijual dalam semesta iTunes.

Upaya 'permak ulang' terhadap Android Market, sangat jelas memiliki hasrat agar dilihat sebagai portal yang kaya penawaran beragam, alih-alih sekedar toko aplikasi.

Demi tujuan itu Google bahkan meregistrasi beberapa domain. Beberapa domain yang dulu sempat terbuang, seperti  googleplaymagazines.com, googleplaynewspapers.com, googleplaynewsstand.com, googleplaytv.com, bermunculan. Kemungkinan besar akan hadir lagi banyak variasi bergantung tema konten.

Google juga mengembangkan interaksi antarmuka bagi konsumen rumahan untuk mengatur transaksi pembayaran e-book. Layanan satu ini bisa dijumpai di portal lama toko e-buku milik google, yakni books.google.com/books.

Pengembangan transaksi e-buku bagi pengguna rumahan yang sempat mandeg itu kini menjadi kesempatan kedua raksasa internet tersebut. Langkah itu melengkapi perpustakaan dalam Google Play, dengan beberapa koleksi klasik yang telah diunggah, beberapa di antaranya, Great Expectation (Charles Dickens) dan Pride and Prejudice (Jane Austen). Portal ini juga terlihat cocok untuk buku-buku audio, jika memang Google benar bergerak ke sana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement