Selasa 23 Apr 2024 14:41 WIB

Ayah dan Anak Ini Temukan Fosil Reptil Laut Raksasa

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Ichthyotitan severnensis diperkirakan punah pada akhir periode Trias.
Foto: Daily Mail
Ichthyotitan severnensis diperkirakan punah pada akhir periode Trias.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fosil tulang rahang yang ditemukan oleh seorang gadis Inggris dan ayahnya di sebuah pantai di Somerset, Inggris. Fosil tulang rahang itu adalah milik reptil laut raksasa yang berumur 202 juta tahun lalu.

Dilansir Reuters, Senin (22/4/2024) reptil laut raksasa itu tampaknya merupakan salah satu hewan terbesar yang pernah ada di Bumi.

Para peneliti mengatakan pada Rabu (17/4/202) bahwa tulang yang disebut surangular itu berasal dari sejenis reptil laut yang disebut ichthyosaurus. Berdasarkan dimensinya dibandingkan dengan tulang yang sama pada ichthyosaurus yang berkerabat dekat, para peneliti memperkirakan makhluk Periode Trias, yang mereka beri nama Ichthyotitan severnensis, memiliki panjang antara 72 dan 85 kaki atau  22 hingga 26 meter.

Hal ini mungkin menjadikannya reptil laut terbesar yang diketahui dan akan menyaingi beberapa paus balin terbesar yang hidup saat ini.  Paus biru, yang dianggap sebagai hewan terbesar yang pernah ada di planet ini, panjangnya bisa mencapai sekitar 100 kaki atau  30 meter.

Reptil laut menguasai lautan di dunia ketika dinosaurus mendominasi daratan. Ichthyosaurus, yang berevolusi dari nenek moyang terestrial dan berkembang selama sekitar 160 juta tahun sebelum menghilang sekitar 90 juta tahun yang lalu, muncul dalam berbagai ukuran dan bentuk, memakan ikan, kerabat cumi-cumi, dan reptil laut lainnya serta melahirkan anak-anaknya.

Ichthyotitan hanya diketahui dari dua tulang rahang. Tulang rahang yang satu ditemukan oleh Ruby Reynolds dan ayahnya Justin Reynolds pada 2020 di Blue Anchor, Somerset. Satu lagi dari individu Ichthyotitan berbeda yang ditemukan pada 2016, di sepanjang pantai Somerset di Lilstock.

Dean Lomax, ahli paleontologi  yang berafiliasi dengan University of Manchester dan University of Bristol serta penulis utama studi yang dipublikasikan di jurnal PLOS ONE, mengatakan sungguh luar biasa untuk berpikir bahwa ichthyosaurus raksasa seukuran paus biru berenang di lautan pada saat dinosaurus berjalan di daratan di wilayah yang sekarang disebut Inggris Raya (UK) selama Periode Trias.

Ruby Reynolds, yang saat itu berusia 11 tahun dan kini berusia 15 tahun, sedang berburu fosil di pantai bersama ayahnya ketika mereka melihat sepotong surangular.  Ruby terus mencari di area tersebut dan menemukan potongan kedua  sebagian terkubur di lereng lumpur.  Potongan kedua jauh lebih besar dari yang pertama.

Mereka kemudian menghubungi....