Senin 27 Mar 2023 19:29 WIB

Ular Piton Masuk ke Rumah? Jangan Panik, Segera Lakukan Ini

Piton tersebut diserahkan ke komunitas pecinta reptil yang ada di Kota Padang.

Rep: Febrian Fachri / Red: Natalia Endah Hapsari
Ular piton yang juga disebut sanca diklasifikasikan sebagai famili Pythonidae./ilustrasi.
Foto: Antarafoto
Ular piton yang juga disebut sanca diklasifikasikan sebagai famili Pythonidae./ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG---Ular piton atau sanca terbilang sering masuk ke rumah warga. Bila kebetulan rumah Anda yang dimasuki ular piton, jangan panik. Dibanding berusaha menangkap sendiri, lebih baik Anda meminta bantuan pada petugas pemadam kebakaran. Ini lantaran mereka memang memiliki peralatan yang lengkap untuk menangkap hewan reptil.

Seperti yang terjadi di sebuah rumah warga di Kota Padang. Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang mengevakuasi seekor reptil yakni ular Piton dari rumah warga pada Ahad (26/3/2023) malam WIB kemarin.

Baca Juga

Hewan melilit itu masuk ke rumah warga di Jalan Tanjung Aur Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang. "Sebelumnya kita mendapat laporan warga ada ular di atas atap rumahnya, tiba di lokasi langsung kita eksekusi," kata Kabid Damkar Kota Padang, Sutan Hendra, Senin (27/3/2023).

Sutan menyebut proses evakuasi berlangsung pada pukul 21.36 WIB. Awalnya, pemilik rumah kaget karena di atap rumahnya dimasuki ular piton yang diperkirakan sepanjang 2,5 meter itu. Diperkirakan ular tersebut masuk ke rumah untuk mengejar makanan seperti tikus. 

Setelah dievakuasi tim Damkar, piton tersebut diserahkan ke komunitas pecinta reptil yang ada di Kota Padang. Ular piton yang juga disebut sanca diklasifikasikan sebagai famili Pythonidae. Sanca tersebar luas di daerah beriklim panas dan tropis Afrika, Asia, dan Australia. Sanca menggunakan giginya yang tajam, melengkung ke belakang, empat baris di rahang atas, dua di bawah, untuk menangkap mangsa yang kemudian dibunuh dengan lilitan.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement