Kamis 11 Apr 2024 17:57 WIB

NASA Tangkap Gambar ‘Papan Selancar’ Misterius yang Mengorbit Bulan 

LRO milik NASA melihat pengorbit bulan Korea Selatan bernama Danuri.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Pengorbit bulan Korea Danuri saat melakukan perjalanan melewati permukaan bulan.
Foto: NASA
Pengorbit bulan Korea Danuri saat melakukan perjalanan melewati permukaan bulan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengorbit bulan NASA Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO) telah menangkap gambar objek berbentuk papan selancar yang meluncur melewati bulan. Pertemuan dekat itu bukanlah UFO atau megastruktur alien. 

Sebaliknya, dilansir Live Science, Kamis (11/4/2024), LRO milik NASA melihat pengorbit bulan Korea Selatan bernama Danuri. Pejabat NASA dalam sebuah pernyataan mengatakan Danuri melintas saat kedua pesawat ruang angkasa itu mengelilingi bulan. 

Baca Juga

Karena kedua pesawat ruang angkasa itu “berjalan dalam orbit yang hampir paralel”, tim operasi LRO di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA di Maryland mengambil kesempatan untuk mengambil foto peristiwa tersebut, yang berlangsung antara tanggal 5 dan 6 Maret. 

Kamera LRO memiliki waktu pemaparan yang sangat singkat, yaitu sekitar 0,338 milidetik, sehingga peristiwa tersebut sulit diabadikan. Namun pihaknya masih berhasil mendapatkan foto Danuri, pesawat luar angkasa Korea pertama yang memasuki orbit bulan, yang dicapainya pada Desember 2022. 

Namun, karena perbedaan kecepatan antara kedua pesawat ruang angkasa tersebut, kira-kira 11.500 km per jam), gambar yang dihasilkan membuat Danuri tampak “tercoreng hingga 10 kali ukurannya”. Efek peregangan ini menyebabkannya menyerupai papan selancar yang datar. 

Kenyataannya, Danuri tidak terlihat seperti papan selancar. Itu adalah pesawat ruang angkasa berbentuk kotak dengan dua panel surya terpasang di setiap sisinya. 

Paul Byrne, seorang profesor Ilmu planet di Washington University di St. Louis, Amerika Serikat (AS) membagikan beberapa gambar di X (sebelumnya Twitter). 

“Untuk lebih jelasnya, pengorbit Danuri bukanlah sebuah piksel aneh yang sangat tipis. Ini adalah pengorbit yang tampak cukup normal,” tulis Byrne. “Tetapi kecepatan luar biasa yang terlibat membuat hal itu tercoreng pada detektor kamera LRO.” 

Menurut NDTV, outlet berita yang berbasis di India, tidak butuh waktu lama bagi orang-orang untuk berkomentar tentang bagaimana pengorbit itu tampak familier bagi Silver Surfer, alien humanoid, fiksi di Marvel Universe.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement