Selasa 09 Apr 2024 12:11 WIB

Tips Memilih Ponsel dengan Kamera dan Fitur Foto Terbaik

Sebelum memilih ponsel, Tetapkan dulu tujuan dan kebutuhan membeli ponsel.

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Friska Yolandha
Setiap orang punya pertimbangan berbeda saat akan membeli ponsel.
Foto: Freepik
Setiap orang punya pertimbangan berbeda saat akan membeli ponsel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap orang punya pertimbangan berbeda saat akan membeli ponsel. Sebagian memburu ponsel terbaru apa saja keluaran jenama favoritnya, sementara sebagian lain mungkin tertarik dengan tampilan desain, spesifikasi, harga, atau memilih berdasarkan kualitas kamera.

Mengabadikan berbagai hal dengan kamera ponsel kini sudah sangat dimudahkan dengan teknologi yang menghadirkan kualitas gambar yang semakin baik. Jika Anda termasuk pemilih ponsel berdasarkan kamera, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan, dikutip dari laman Engadget, Selasa (9/4/2024). 

Baca Juga

Sebelum mencari informasi terkait berbagai seri dan jenama ponsel yang menawarkan kualitas kamera terbaik, tetapkan dulu kebutuhan membeli ponsel. Misalnya, apakah kamera ponsel sebatas untuk mengabadikan sehari-hari atau ada tujuan tertentu seperti kreator yang rutin membuat konten khusus.

Jika jawabannya adalah yang kedua, disarankan mencari ponsel yang memiliki fitur pengoptimalan video seperti stabilisasi dan dukungan kecepatan bingkai tinggi (untuk klip gerakan lambat). Secara umum, kebanyakan ponsel cerdas saat ini memiliki setidaknya dua kamera di belakang dan satu di depan.  

Ponsel kelas atas lebih mungkin hadir dengan tiga lensa, termasuk lensa sudut lebar, telefoto, atau makro. Saat ini, jumlah megapiksel (MP) tidak lagi menjadi masalah. Sebab, sebagian besar ponsel unggulan dari Apple, Samsung, dan Google memiliki sensor 48MP atau 50MP.  Bahkan, resolusi bisa mencapai 108MP atau 200MP, di perangkat level pro.

Kebanyakan orang sebenarnya tidak memerlukan kamera yang terlalu tajam. Secara umum, produsen ponsel menggabungkan piksel untuk menghasilkan gambar yang setara dengan 12MP.  Manfaat pixel-binning pun cukup kecil pada kamera ponsel.

Sebenarnya, banyak ponsel menggunakan sensor dari produsen yang sama, memiliki ukuran aperture, panjang lensa, dan bidang pandang yang serupa. Jadi, variasi kamera pada ponsel cerdas relatif kecil, kecuali pada perangkat yang kameranya diklaim pro.

Panduan umumnya semakin besar....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement