Kamis 04 Apr 2024 21:07 WIB

Mirip Seperti Indonesia, Ini Alasan Taiwan Rawan Gempa Bumi

Taiwan terletak di sepanjang Cincin Api Pasifik yang rentan terjadi gempa bumi.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Taiwan dilanda gempa bumi terkuat dalam seperempat abad pada Rabu (3/4/2024).
Foto:

Gempa bumi terjadi di tengah jam sibuk pagi hari namun hanya sedikit mengganggu aktivitas perjalanan normal. Hanya beberapa menit kemudian, para orang tua kembali mengantar anak-anak mereka ke sekolah dan para pekerja berkendara ke kantor-kantor. 

Stephen Gao, ahli seismologi dan profesor di Missouri University of Science and Technology, mengatakan kesiapsiagaan gempa bumi di Taiwan termasuk yang paling maju di dunia. 

“Pulau ini telah menerapkan peraturan bangunan yang ketat, jaringan seismologi kelas dunia, dan kampanye pendidikan publik yang luas mengenai keselamatan gempa,” kata Gao. 

Pemerintah terus-menerus merevisi tingkat ketahanan gempa yang diperlukan untuk bangunan-bangunan baru dan yang sudah ada, yang dapat meningkatkan biaya-biaya konstruksi, dan menawarkan subsidi-subsidi kepada penduduk yang ingin memeriksa ketahanan bangunan mereka terhadap gempa. 

Menyusul gempa tahun 2016 di Tainan, di pantai barat daya pulau itu, lima orang yang terlibat dalam pembangunan gedung apartemen bertingkat 17 yang merupakan satu-satunya bangunan besar yang runtuh, menewaskan puluhan orang, dinyatakan bersalah karena kelalaian dan dijatuhi hukuman penjara. 

Taiwan juga mendorong latihan-latihan gempa di sekolah-sekolah dan tempat kerja sementara media publik dan telepon seluler secara teratur menyampaikan pemberitahuan tentang gempa bumi dan keselamatan. 

“Langkah-langkah ini telah secara signifikan meningkatkan ketahanan Taiwan terhadap gempa Bumi, membantu mengurangi potensi kerusakan besar dan korban jiwa,” kata Gao. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement