Kamis 04 Apr 2024 20:01 WIB

Kerap Diperdebatkan, Begini Pola Migrasi Homo Sapiens Menurut Sains

Homo sapiens bermigrasi dari Afrika ke Irak, Iran, Arab Saudi, baru ke Asia dan Eropa

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Homo sapiens, ilustrasi. Peneliti menemukan bagaimana homo sapiens bermigrasi dari Afrika ke wilayah lainnya.

Sang peneliti menambahkan, kombinasi antara model paleoekologis dan genetik memungkinkan mereka untuk memprediksi lokasi awal yang dipilih oleh populasi-populasi pertama manusia untuk bermukim, sesaat setelah mereka keluar dari Afrika. Menurut studi, populasi-populasi pertama manusia ini hidup dalam kelompok kecil yang terdiri atas pemburu dan pengumpul.

Lokasi Dataran Tinggi Iran dinilai mampu memberikan keragaman ekologi yang dibutuhkan oleh manusia kala itu untuk bertahan hidup seperti hutan hingga padang rumput dan sabana. Keragaman ekologi ini terus berfluktuasi dari waktu ke waktu dalam periode basah dan kering.

Di sana mungkin ada cukup banyak sumber daya yang tersedia. Hal ini ditunjang oleh bukti bahwa ada aktivitas perburuan kijang, domba, serta kambing liar pada masa itu.

 

"Pola makan mereka mungkin terdiri dari tanaman yang bisa dimakan dan hewan buruan dalam kecil hingga besar. Kelompok-kelompok pemburu-pengumpul tampak menjalani pola hidup musiman, hidup di dataran rendah saat cuaca lebih dingin dan di wilayah pegunungan ketika cuaca lebih hangat," tutur Petraglia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement