Jumat 29 Mar 2024 19:46 WIB

Heboh Cincin Matahari Muncul di Langit Natuna, Ini Penjelasan BMKG

BMKG menyebut fenomena tersebut merupakan hal yang wajar atau biasa terjadi.

Tangkapan video fenomena halo atau cincin yang tampak melingkari matahari di Natuna.
Foto: Antara/warga Natuna
Tangkapan video fenomena halo atau cincin yang tampak melingkari matahari di Natuna.

REPUBLIKA.CO.ID, NATUNA -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan kejadian matahari yang tampak dilingkari cincin di langit Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau pada Jumat (29/3/2024).

Prakirawan Stasiun Meteorologi Ranai, Asrul Saparuddin saat dihubungi melalui sambungan telepon dari Natuna, Kepri, Jumat menjelaskan peristiwa tersebut merupakan fenomena halo.

Baca Juga

 

Fenomena tersebut merupakan hal yang wajar atau biasa terjadi dan bukan pertanda sesuatu yang buruk serta tidak membahayakan kesehatan. Menurut dia, fenomena halo terjadi akibat pembiasan dari sinar matahari yang mengenai kristal-kristal kecil yang terbentuk dikarenakan suhu yang dingin.

 

"Hal itu diakibatkan oleh adanya pembiasan dari sinar matahari yang mengenai awan tinggi dengan jenis awan cirrus stratus," ucap dia.

 

Ia menyebut, peristiwa serupa juga bisa terjadi pada malam hari. Arsrul menambahkan kejadian tersebut tidak berlangsung lama tergantung dari posisi matahari, bulan, dan lamanya awan cirrus itu terbentuk.

"Kejadian halo ini dapat juga terjadi saat bulan besar pada malam hari. Pantulan dari biasan cahaya yang membentuk pola lingkaran tersebut," ujar dia.

 

Fenomena alam berupa matahari yang berada di tengah lingkaran besar menyerupai cincin tersebut sempat membuat heboh warga Natuna. Meski demikian, warga tidak merasa takut malah banyak yang mengabadikannya.

 

Selain itu, ada juga masyarakat yang tidak menyadari fenomena tersebut. "Saya malah baru tahu, padahal tadi siang saya lumayan lama di luar rumah," ucap warga Natuna Nunung Rozalina.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement