Senin 25 Mar 2024 05:29 WIB

Dua Gerhana dalam Satu Ramadhan, Siang Ini Salah Satunya!

Gerhana Bulan Penumbra terjadi saat posisi matahari-bumi-bulan sejajar.

Pemandangan gerhana bulan penumbra, dilihat dari Aceh,Sabtu (6/5/2023).
Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK
Pemandangan gerhana bulan penumbra, dilihat dari Aceh,Sabtu (6/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gerhana adalah salah satu fenomena alam dimana posisi matahari, bulan, dan bumi berada dalam satu garis. Terdapat dua jenis gerhana, yaitu gerhana bulan dan gerhana matahari.

Pada Ramadhan kali ini, ada dua gerhana yang bisa dinikmati masyarakat. Yang pertama adalah gerhana bulan penumbra dan kedua gerhana matahari total.

Baca Juga

Hari ini, akan terjadi gerhana bulan penumbra. Dilansir laman Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Senin (25/3/2024), gerhana bulan adalah peristiwa terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan. Peristiwa ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Gerhana Bulan Penumbra terjadi saat posisi matahari-bumi-bulan sejajar. Hal ini membuat bulan hanya masuk ke bayangan penumbra bumi. 

Akibatnya, saat puncak gerhana terjadi, Bulan akan terlihat lebih redup dari saat purnama. 

Gerhana bulan penumbra akan terjadi pada 25 Maret 2024 dan dapat diamati dari Indonesia. Wilayah yang dapat melihat gerhana adalah Papua, Papua Barat, dan sebagian Maluku.

Sementara itu, beberapa wilayah tidak akan dapat melihat fase gerhana bulan secara utuh karena saat peristiwa itu terjadi, bulan masih berada di wilayah horizon. Wilayah itu di antaranya Maluku Utara, sebagian Maluku, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, 

Sulawesi Tenggara, NTT, NTB, Bali, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, 

Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Lampung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung, Jambi, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, dan Aceh.

Gerhana bulan penumbra 25 Maret 2024 ini merupakan anggota ke-64 dari 71 anggota pada seri

Saros 113. Gerhana bulan sebelumnya yang berasosiasi dengan gerhana ini adalah gerhana bulan penumbra 14 Maret 2006. Adapun gerhana bulan yang akan datang yang berasosiasi dengan gerhana bulan ini adalah gerhana bulan penumbra 5 April 2042, yang juga akan dapat diamati dari Indonesia.

Berikut fase terjadinya gerhana.

  • Gerhana mulai (P1): 11.50.58 WIB/12.50.58 WITA/13.50.58 WIT
  • Puncak Gerhana: 14.12.48 WIB/15.12.48 WITA/16.12.48 WIT
  • Gerhana berakhir (P4): 16.34.38 WIB/17.34.38 WITA/18.34.38 WIT

Sementara itu, gerhana kedua yang akan terjadi selama Ramadhan kali ini adalah gerhana matahari total. Sayangnya, menurut BMKG, gerhana ini tidak dapat diamati dari Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement