Sabtu 16 Mar 2024 20:07 WIB

Untuk Jelajah Aman, Google Chrome Tambahkan Perlindungan Real Time

Google menjaga privasi karena Jelajah Aman tidak membagikan URL situs yang dikunjungi

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Logo Google di depan Googles Bay View Building (BV100).
Foto: EPA-EFE/JOHN G. MABANGLO
Logo Google di depan Googles Bay View Building (BV100).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google menyatakan pihaknya meningkatkan mode Jelajah Aman default di Chrome untuk menawarkan perlindungan yang lebih baik terhadap situs web jahat. Hingga saat ini, mode ini telah menggunakan daftar yang disimpan secara lokal untuk memeriksa apakah suatu situs atau file mungkin berbahaya.

Daftar tersebut diperbarui setiap 30 sampai 60 menit, tetapi Google mengatakan bahwa situs web jahat rata-rata hanya ada selama 10 menit. Untuk mengatasi hal tersebut, Google memanfaatkan fitur dalam mode Perlindungan yang Disempurnakan pada Jelajah Aman, untuk memeriksa situs terhadap daftar sisi server dari situs-situs yang diketahui tidak aman secara real-time.

Baca Juga

Mode perlindungan yang ditingkatkan ikut disertakan, namun Google menemukan bahwa pemeriksaan real-time ini menawarkan ‘nilai signifikan’, sehingga membawanya ke versi standar Jelajah Aman.

Perusahaan mencatat bahwa Jelajah Aman digunakan di lebih dari lima miliar perangkat dan membantu melindungi dari phishing, malware, dan perangkat lunak yang tidak diinginkan. Mode ini mengevaluasi 10 miliar URL dan file setiap hari. 

Chrome menunjukkan kepada pengguna lebih dari tiga juta peringatan tentang potensi ancaman melalui fitur ini setiap hari. Namun, Google percaya bahwa pemeriksaan URL real-time akan membantu memblokir 25 persen lebih banyak upaya phishing.

Google mengatakan pihaknya menjaga privasi karena Jelajah Aman tidak membagikan URL situs yang dikunjungi perusahaan. Chrome mengatakan fitur ini menggunakan hashing dan enkripsi. Server privasi menghapus semua detail yang mungkin mengidentifikasi pengguna, sebelum meneruskan awalan hash terenkripsi ke server Jelajah Aman untuk memeriksa daftar situs yang tidak jelas.

Perusahaan tetap menyarankan agar pengguna mengadopsi mode Perlindungan yang ditingkatkan karena menawarkan perlindungan tambahan. Opsi Jelajah Aman hanya memeriksa daftar situs yang diketahui tidak aman.

Perlindungan yang ditingkatkan mempertimbangkan faktor-faktor tambahan dan menggunakan pembelajaran mesin, untuk mengidentifikasi situs berisiko yang belum dikonfirmasi oleh Jelajah Aman sebagai situs yang berpotensi berbahaya. Situs yang baru dibuat dan situs yang menyembunyikan perilaku sebenarnya, mungkin tidak langsung terdeteksi oleh sistem deteksi Jelajah Aman.

Fitur Jelajah Aman yang baru kini tersedia di Chrome versi desktop dan iOS terbaru. Ini akan hadir di aplikasi Android akhir bulan ini. Sementara itu, Google mengatakan baru-baru ini memperbarui fitur Pemeriksaan Kata Sandi Chrome di iOS. Selain memperingatkan tentang kata sandi yang disusupi, kini ia juga memperingatkan tentang kredensial yang lemah dan digunakan kembali.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement