Senin 04 Mar 2024 16:09 WIB

Apa Benda yang Memiliki Kecepatan Tertinggi di Dunia?

Kandidat teratas ialah neutrino dan foton yang tak bisa dilihat dengan mata telanjang

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Neutron (ilustrasi).
Foto:

Namun meskipun secara teori neutrino dapat bergerak sangat cepat, namun dalam praktiknya cukup sulit untuk menentukannya. “Neutrino terkenal pemalu,” kata Vandenbroucke.

Dalam eksperimen jangka panjang di Kutub Selatan (yang diberi nama IceCube), fisikawan telah menempatkan detektor di dalam bongkahan es berukuran 0,2 mil kubik (1 kilometer kubik), dengan harapan menemukan neutrino berenergi tinggi.

Di dalam es, neutrino dengan energi yang cukup dapat bergerak lebih cepat dibandingkan kecepatan cahaya. Ketika neutrino berenergi tinggi tersebut bertabrakan dengan inti atom di dalam es, ia dapat menghasilkan partikel subatom bermuatan yang juga bergerak lebih cepat daripada cahaya. Partikel-partikel cepat ini memancarkan kilatan cahaya yang dikenal sebagai radiasi Cherenkov, sehingga neutrino dapat terdeteksi secara tidak langsung.

 

Dan pada 2016, para ilmuwan IceCube mendeteksi neutrino berenergi tertinggi yang telah dievaluasi secara cermat. “Sejauh yang kami tahu, ini adalah partikel tercepat yang pernah ada,” kata fisikawan di Laboratorium Nasional Los Alamos, Bill Louis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement