Ahad 03 Mar 2024 18:10 WIB

Apple Batalkan Rencana Blokir Aplikasi Web iPhone di Uni Eropa

Apple tadinya memblokir aplikasi yang memotong biaya App Store 30 persen.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Apple telah membatalkan rencana untuk menghapus aplikasi web layar utama di Uni Eropa.
Foto:

Organisasi Open Web Advocacy langsung mengkritik langkah Apple yang kini berbalik arah. Apple memiliki waktu 15 tahun untuk memfasilitasi kompetisi browser sesungguhnya di seluruh dunia.

"Dan hampir dua tahun sejak naskah akhir DMA,” tulis organisasi tersebut pada bulan Februari. 

Perangkat ini dapat menggunakan waktu tersebut untuk berbagi fungsionalitas yang secara historis lebih disukai Safari dengan browser lain.

Uni Eropa tampaknya tidak terlalu senang dengan penghapusan aplikasi web tersebut. 

Pejabat Komisi Eropa mengatakan pada akhir Februari bahwa mereka sedang menyelidiki keputusan Apple yang terdengar seperti penyelidikan formal. Financial Times melaporkan bahwa regulator mengirimkan pertanyaan kepada pengembang tentang dampak penghapusan PWA Apple.

Sejauh ini Apple belum menanggapi isu tersebut. Sebaliknya, perusahaan menganggap keputusam ini sebagai respons sederhana terhadap “permintaan” yang diterima untuk terus menawarkan aplikasi web layar utama. 

 

Mungkin pejabat UE meyakinkan pembuat iPhone bahwa perusahaan tersebut tidak perlu mendukung PWA dari mesin browser lain, atau mungkin perusahaan tersebut hanya ingin mencegah penyelidikan formal (dan PR buruk yang dapat dihasilkannya). Terlepas dari itu, hanya pengguna iOS 17.4 beta di Eropa yang tidak memiliki aplikasi web, dan mereka akan mendapatkannya kembali setelah versi final perangkat lunak tersebut tiba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement