Jumat 09 Feb 2024 17:09 WIB

Mana yang Lebih Dulu, Galaksi atau Lubang Hitam? Teleskop James Webb Punya Jawabannya

Lubang hitam ada pada awal mula alam semesta dan menjadi bahan pembentuk galaksi.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Sagitarius A*, lubang hitam supermasif galaksi Bima Sakti. Mana yang lebih dulu, lubang hitam atau galaksi? Ilmuwan kini mungkin telah temukan jawabannya.
Foto:

Silk menunjukkan fakta bahwa galaksi-galaksi jauh dan awal yang telah dilihat JWST, sejak mulai mengirimkan data ke Bumi pada musim panas 2022, lebih terang dari yang diperkirakan. Hal ini menunjukkan bahwa galaksi-galaksi tersebut sudah penuh dengan jumlah bintang dan lubang hitam supermasif yang luar biasa banyaknya; Jika benar, itu berarti teori kita saat ini tentang bagaimana galaksi tumbuh mungkin perlu direvisi. 

“Kami berpendapat bahwa aliran lubang hitam menghancurkan awan-awan gas, mengubahnya menjadi bintang dan mempercepat laju pembentukan bintang,” kata Silk.

“Jika tidak, sangat sulit untuk memahami dari mana galaksi-galaksi terang ini berasal karena mereka biasanya berukuran lebih kecil di alam semesta awal. Mengapa mereka bisa menghasilkan bintang dengan begitu cepat?”

Saat ini, teori evolusi kosmik yang paling diterima secara luas menunjukkan bahwa lubang hitam awal di alam semesta lahir ketika bintang-bintang bermassa tinggi kehabisan pasokan bahan bakar yang diperlukan untuk fusi nuklir. 

Pada gilirannya, bintang-bintang tersebut akan runtuh dan menciptakan lubang hitam di zaman selanjutnya di alam semesta. Artinya, lubang hitam pasti muncul setelah terbentuknya bintang-bintang yang melahirkannya, serta sebelum berkumpulnya galaksi-galaksi untuk pertama kalinya.

Namun, Silk dan rekan-rekannya menemukan bahwa lubang-lubang hitam dan galaksi tampaknya hidup berdampingan di alam semesta purba, dan saling mempengaruhi sejak 100 juta tahun setelah Big Bang. Periode waktu ini, kata Silk, akan setara dengan hari-hari pertama bulan Januari jika sejarah alam semesta diringkas menjadi satu tahun kalender.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement