Selasa 06 Feb 2024 15:23 WIB

Google Gandeng Deretan Brand Besar Hadirkan Fitur Passcode

Google ingin sepenuhnya menggantikan password dengan passcode.

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Friska Yolandha
Ilustrasi passcode. Kunci sandi (passcode) kini mulai kerap digunakan di banyak aplikasi untuk menggantikan kata sandi (password).
Foto:

Kunci sandi berfungsi serupa dengan cara ponsel membuka kunci, melalui biometrik seperti sidik jari atau pemindaian wajah. Secara keseluruhan, kunci sandi bisa dianggap seperti sandi yang sangat panjang dan terbukti tidak dapat dibobol melalui beragam metode.

Sebelumnya, pengguna masuk ke berbagai situs web dengaan kata sandi, rangkaian teks, angka, dan simbil. Sekarang, sebagian besar ponsel sudah menggunakan biometrik untuk membuka kunci informasi yang disimpan dan menempelkannya ke dalam kotak masuk di situs web.  

Bisa dibilang, kunci sandi memotong perantara, sehingga pengguna bisa tetap aman sekaligus login dengan mudah. Pengelola Kredensial Google mengaktifkan dukungan kunci sandi di perangkat Android, sehingga dukungan ini akan tersedia di lebih banyak ponsel dan tablet.

 

Pengguna sudah dapat beralih ke kunci sandi pada produk Google seperti Gmail. Dengan banyaknya perusahaan besar yang digandeng Google, masa depan tanpa kata sandi yang diharapkan Google tampaknya benar-benar akan terwujud tak lama lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement