Selasa 06 Feb 2024 14:16 WIB

Chip Otak Neuralink Milik Elon Musk yang Diuji ke Manusia Picu Kekhawatiran Ilmuwan

Para ahli khawatirkan faktor keamanan serta efektivitas dari chip otak tersebut.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Logo Neuralink. Elon Musk, belum lama ini mengumumkan bahwa chip otak yang dikembangkan oleh Neuralink telah ditanamkan pada manusia untuk pertama kalinya.
Foto:

Terkait uji coba Telepathy pada manusia, Denison menilai prioritas utama yang perlu diupayakan adalah keamanan. Uji coba ini perlu meninjau beragam potensi risiko yang mungkin bisa muncul akibat implantasi chip dari Neuralink ini.

"Tak ada strok, tak ada perdarahan, tak ada kerusakan pembuluh darah," lanjut Denison.

Selain itu, uji coba ini juga perlu memantau risiko terjadinya infeksi. Di saat yang sama, para peneliti yang terlibat perlu melakukan pemantauan jangka panjang terhadap partisipan untuk mengecek apakah chip Telepathy tersebut masih tetap aman digunakan.

Bila mengacu pada brosur studi yang dirilis oleh Neuralink, para partisipan akan dipantau oleh tim peneliti selama lima tahun. Mereka juga akan melakukan pemeriksaan fungsi perangkat secara berkala dan meminta masukan dari para partisipan mengenai pengalaman mereka.

Uji coba ini juga perlu melakukan penilaian terhadap kemampuan chip dalam mendeteksi sinyal neuron. Hal ini sangat penting mengingat elektroda atau chip tidak mudah untuk diganti setelah diimplantasikan pada otak. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement