Jumat 02 Feb 2024 23:29 WIB

Tulang dari Gua Jerman Tunjukkan Manusia Berkelana ke Garis Lintang Tinggi di Eropa

Penelitian ini untuk selesaikan perdebatan siapa yang membuat artefak batu di Eropa.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Ilustrasi fosil. Fragmen-fragmen tulang yang digali di sebuah gua di Jerman tengah menunjukkan bahwa spesies kita berkelana ke garis lintang tinggi yang dingin di Eropa lebih dari 45.000 tahun lalu.
Foto:

Artefak tulang dan batu dari gua menunjukkan bahwa orang-orang ini berburu mamalia besar termasuk rusa kutub, kuda, bison, dan badak berbulu. Arkeolog kebun binatang Geoff Smith dari University of Kent, yang memimpin salah satu penelitian mengatakan menariknya, pola makan Homo sapiens awal dan Neanderthal akhir tampaknya terfokus pada hewan buruan besar di darat, yang bisa menimbulkan persaingan.

“Namun, kita masih memerlukan data tambahan untuk lebih memahami peran dan dampak iklim serta masuknya kelompok Homo sapiens dalam kepunahan Neanderthal di Eropa,” ujarnya.

Penelitian ini muncul untuk menyelesaikan perdebatan mengenai siapa yang membuat serangkaian artefak batu Eropa tertentu, yang dikaitkan dengan apa yang disebut budaya Lincombian-Ranisian-Jerzmanowician (LRJ), termasuk bilah batu berbentuk daun yang berguna sebagai ujung tombak untuk berburu.

Banyak ahli berhipotesis bahwa ini dibuat oleh Neanderthal. Kehadiran mereka di Ranis tanpa bukti keberadaan Neanderthal malah menunjukkan bahwa mereka diciptakan oleh Homo sapiens.

“Titik-titik pisau ini telah ditemukan mulai dari Polandia dan Czechia, di Jerman dan Belgia, hingga Kepulauan Inggris, dan sekarang kita dapat berasumsi bahwa kemungkinan besar titik-titik tersebut mewakili keberadaan awal Homo sapiens di seluruh wilayah utara ini,” kata Smith.

Para peneliti mengidentifikasi tulang berdasarkan DNA mitokondria, yang mencerminkan faktor keturunan ibu. Lebih banyak hal dapat dipelajari melalui DNA nuklir, yang memberikan informasi genetik dari kedua orang tuanya, termasuk mungkin apakah Homo sapiens di Ranis kawin dengan Neanderthal.

Gua tersebut digali pada tahun 1930-an, dengan ditemukannya tulang dan artefak batu, sebelum Perang Dunia Kedua menghentikan pekerjaan tersebut. Teknologi pada saat itu belum bisa mengidentifikasi tulang-tulang tersebut.

Para peneliti menggalinya kembali dari tahun 2016 hingga 2022, menemukan lebih banyak tulang dan artefak. Urutan DNA pada tulang yang baru ditemukan dan digali sebelumnya mengidentifikasi sisa-sisa Homo sapiens.

“Hasil yang diperoleh Ranis luar biasa,” kata Weiss, seraya menambahkan bahwa para ilmuwan harus kembali ke situs lain di Eropa pada periode ini untuk memeriksa bukti serupa mengenai keberadaan awal Homo sapiens.