Senin 29 Jan 2024 20:43 WIB

Ponsel Second dan Refurbished Naik Daun, Bisa Jadi Solusi Keberlanjutan?

Penumpukan limbah elektronik dapat menjadi ancaman bagi lingkungan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Ponsel bekas dan Refurbished menjadi pilihan bagi sebagian orang. Ponsel ini dapat memberikan dampak baik bagi lingkungan.
Foto:

Berikut ini adalah kiat-kiat tersebut.

1. Ketahui kebutuhan diri, seperti anggaran yang dimiliki, fitur yang diinginkan, serta model yang disukai.

2. Cari penjual yang memiliki reputasi baik. Misalnya, membeli ponsel bekas atau ponsel refurbished dari toko daring yang terpercaya dan memiliki jaminan perlindungan untuk pembeli.

3. Lakukan perbandingan harga dan kondisi sebelum membeli. Jangan mudah tergiur hanya karena ponsel bekas atau ponsel refurbished memiliki harga yang sangat rendah. Perhatikan semua deskripsi mengenai kondisi ponsel tersebut, termasuk kekurangan pada tampilan hingga masalah fungsi yang mungkin dimiliki oleh ponsel.

4. Jangan ragu untuk bertanya kepada pihak penjual. Terkadang, penjual tidak memberikan informasi yang penting mengenai ponsel bekas atau ponsel refurbished, seperti soal riwayat ponsel, masa hidup baterai, atau faktor-faktor lainnya.

5. Tes ponsel sebelum melakukan pembayaran. Pengetesan ini bisa dilakukan secara tatap muka atau melalui telepon video dengan penjual. Tes ini bertujuan untuk menakar performa ponsel serta kelancaran fungsi-fungsinya.

6. Perhatikan penunjang kelancaran ponsel lainnya. Sebagai contoh, kompatibilitas jaringan, keamanan data, garansi, hingga aksesoris pelengkap seperti charger atau case.

 

7. Tak perlu enggan untuk melakukan tawar-menawar, terutama bila melakukan transaksi dengan penjual individual. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement