Ahad 28 Jan 2024 12:19 WIB

Apple Akhirnya Izinkan Pengembang Merilis Layanan Game Streaming di App Store

Ini akan membuka jala bagi layanan gaming hadir di iOS.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Apple telah mengumumkan beberapa perubahan besar untuk ekosistem App Store.
Foto: AP Photo/Matthias Schrader
Apple telah mengumumkan beberapa perubahan besar untuk ekosistem App Store.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple telah mengumumkan beberapa perubahan besar untuk ekosistem App Store. Perusahaan mengizinkan pengembang untuk merilis aplikasi streaming video game pada akhirnya.

Perubahan sikap yang drastis, yang terungkap dalam postingan berita Pengembang Apple baru-baru ini, membuka jalan bagi layanan versi asli seperti Xbox Cloud Gaming atau Amazon Luna untuk hadir di platform iOS.

Baca Juga

“Hari ini, Apple memperkenalkan opsi baru tentang bagaimana aplikasi secara global dapat memberikan pengalaman-pengalaman dalam aplikasi kepada para pengguna, termasuk streaming games dan mini-programs,” tulis postingan tersebut, dilansir Tech Radar, Sabtu (27/12024).

“Para pengembang sekarang dapat mengirimkan satu aplikasi dengan kemampuan untuk melakukan streaming semua gim yang ditawarkan dalam katalog mereka.”

Sebelumnya, layanan-layanan ini hanya didukung melalui browser web yang berarti bahwa para pengguna terpaksa harus bersusah payah menavigasi ke website-website individual untuk melakukan streaming permainan-permainan mereka setiap kali mereka ingin bermain.

Postingan tersebut selanjutnya menyatakan bahwa perubahan ini mencerminkan masukan dari komunitas pengembang Apple dan konsisten dengan misi App Store untuk menyediakan tempat terpercaya bagi para pengguna untuk menemukan aplikasi-aplikasi yang mereka sukai dan pengembang di mana pun dengan kemampuan baru untuk mengembangkan bisnis-bisnis mereka.

Tidak dapat disangkal bahwa hal ini merupakan kemenangan besar bagi para konsumen. Pada akhirnya mereka akan memiliki lebih banyak kebebasan dalam hal jenis-jenis pengalaman bermain game yang tersedia di iPhone. Tampaknya sangat mungkin bahwa kita akan melihat versi asli dari layanan-layanan populer akan segera hadir, sehingga lebih mudah bagi para pengguna layanan tersebut untuk bermain.

Meskipun aplikasi-aplikasi streaming sekarang akan diizinkan di seluruh dunia, pengumuman ini datang bersamaan dengan perubahan-perubahan besar lainnya yang terjadi pada iOS di Uni Eropa (UE) setelah adanya penyelidikan oleh Komisi Eropa.

Ini termasuk izin baru bagi para pengembang guna membuat mesin-mesin mereka sendiri untuk browser pihak ketiga dan opsi tambahan bagi pengguna ketika harus memilih browser pilihan mereka selama penyiapan. Diumumkan juga bahwa Fortnite akan kembali ke iOS tahun ini di negara-negara UE setelah Digital Markets Act yang akan datang mulai berlaku.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement