Senin 08 Jan 2024 15:10 WIB

Scammer Manfaatkan Teknologi Kloning Suara AI untuk Menipu, Kenali 4 Tandanya

Scammer menipu korban bahwa pasangan atau keluarga sedang terlibat masalah.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Hacker/scammer (ilustrasi). Teknologi kloning suara menggunakan AI dapat dimanfaatkan scammer untuk menipu.
Foto:

5. Trik meningkatkan keamanan diri

Selain mengenali beberapa tanda scammer yang memanfaatkan teknologi kloning suara berbasis AI, ada beberapa hal lain yang bisa dilakukan oleh orang-orang untuk meningkatkan keamanan diri. Salah satu di antaranya adalah tidak mengangkat telepon masuk dari nomor yang tak dikenal.

Bila telepon tersebut memang benar-benar penting, pihak penelepon pasti akan meninggalkan pesan baik melalui pesan teks atau voicemail.

Hal lain yang perlu dilakukan adalah memverifikasi identitas penelepon. Bila telepon dari kenalan atau keluarga terdengar aneh, coba konfirmasi identitas penelepon dengan menanyakan hal-hal yang hanya diketahui oleh sosok asli dari kenalan atau keluarga tersebut.

Selain itu, penting juga untuk tidak mudah terbawa oleh suasana. Bila penelepon mendesak dan menciptakan suasana yang terkesan urgent, coba tenangkan diri dan proses informasi secara perlahan. Cegah diri sendiri untuk tidak memenuhi permintaan si penelepon begitu saja.

Bila penelepon sudah terkonfirmasi sebagai scammer, jangan ragu untuk segera melaporkan hal tersebut kepada pihak berwajib. Orang-orang juga perlu lebih berhati-hati dalam berbagi informasi di media sosial. Informasi-informasi ini biasanya dimanfaatkan oleh scammer untuk melancarkan aksi mereka.

 

Alternatif lain yang bisa dilakukan adalah menggunakan aplikasi untuk memblokir telepon masuk. Aplikasi ini bisa membantu memblokir telepon-telepon tak diinginkan, termasuk telepon dari scammer

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement