Senin 08 Jan 2024 11:20 WIB

Napas Baru untuk Teknologi Lama di CES

Tidak semua produk AI akan berhasil.

Rep: Noer Qomariah K/ Red: Setyanavidita livicansera
Orang-orang berjalan melalui Las Vegas Convention Center selama persiapan menjelang pameran teknologi CES Sabtu, 6 Januari 2024, di Las Vegas.
Foto: AP Photo/John Locher
Orang-orang berjalan melalui Las Vegas Convention Center selama persiapan menjelang pameran teknologi CES Sabtu, 6 Januari 2024, di Las Vegas.

REPUBLIKA.CO.ID, LAS VEGAS — Pameran industri teknologi tahunan yang dikenal sebagai Consumer Electronics Show (CES) mendapatkan kembali momentumnya setelah pandemi ini. CES 2024 yang dimulai pada Selasa (9/1/2024) di Las Vegas, menampilkan lebih dari 3.500 peserta pameran dan mengharapkan sekitar 130.000 pengunjung. 

Dilansir Japan Today, Senin (8/1/2024), para analis memperkirakan tahun ini akan menjadi tahun kecerdasan buatan (AI) dalam hal peluncuran produk di CES. “Saya tidak menyarankan siapa pun membuat gim di CES untuk minum kapan pun seseorang mengatakan AI karena Anda akan mabuk bahkan sebelum CES dimulai,” kata analis Techsponential, Avi Greengart. 

Baca Juga

Menurut dia, model-model yang menjadi dasar pembuatan AI telah meningkat secara dramatis sejak CES lalu dan debut ChatGPT OpenAI, dan model-model tersebut diterapkan dengan cara yang bermakna bagi para konsumen. Analis utama Forrester, Thomas Husson mengatakan tidak ada keraguan bahwa pertemuan ekosistem teknologi di Las Vegas akan fokus pada AI di mana pun dan AI generatif pada perangkat. “Tema terbesarnya adalah bagaimana AI dapat memperkuat pengalaman-pengalaman konsumen baru yang tidak terlihat dan imersif,” ujar Husson. 

Inovasi yang dipamerkan di CES akan mencakup kacamata berteknologi tinggi untuk tunanetra dari Lumen yang memungkinkan pemakainya mengetahui tempat yang aman untuk berjalan, bahkan menghindari genangan-genangan air, menurut perusahaan rintisan tersebut. Sementara itu, Shift Robotic akan memungkinkan orang untuk mencoba sepatu Moonwalkers terbarunya yang memungkinkan orang berjalan dengan kecepatan berlari tanpa mengeluarkan keringat. 

AI akan ditampilkan di rumah, sistem suara, mobil, televisi, botol bayi, tempat tidur, dan banyak lagi, menurut penawaran yang dikirimkan oleh para peserta pameran. “Akan ada banyak AI dan pencucian menggunakan AI serupa dengan pencucian ramah lingkungan yang kita lihat beberapa tahun lalu,” kata Milanesi, sambil menekankan bahwa tidak semua produk akan berhasil. 

Televisi-televisi menakjubkan dari LG dan lainnya akan dipamerkan, bersamaan dengan inovasi otomotif saat mobil-mobil dan teknologi yang ada di dalamnya dipamerkan. Analis Greengart kepada AFP, mengatakan CES telah menjadi pameran otomotif. “Mobil telah menjadi platform-platform perangkat lunak yang dapat berputar, atau barang elektronik konsumen dengan roda, dan Anda dapat yakin akan ada banyak pengumuman,” ujar dia. 

Pembuat cip termasuk Intel akan menyoroti semikonduktor terbaru mereka yang dirancang untuk menangani tugas komputasi yang kompleks. Nvidia merencanakan pidato khusus di CES pada Senin (8/1/2024) dengan fokus pada teknologi konsumen dan robotika. 

Cip Nvidia sangat diminati oleh perusahaan yang ingin mendukung AI generatif. Greengart berharap kesehatan menjadi salah satu tema besar CES, dengan sensor terpasang di cermin, perangkat yang dapat dikenakan, dan lainnya untuk mengukur tanda-tanda vital.

CEO L'Oreal Nicolas Hieronimus akan menjadi salah satu pembicara utama CES untuk pertama kalinya, bergabung dengan rekan-rekan dari Walmart, Qualcomm dan Siemens dalam daftar acara tersebut. Salah satu pendiri dan pimpinan Snap, Evan Spiegel, akan mengambil bagian dalam diskusi panel tentang loyalitas merek.

Dengan dirilisnya headset realitas virtual Quest 3 Meta baru-baru ini dan Apple diperkirakan akan memasuki pasar awal tahun ini dengan Vision Pro-nya. Selain itu, banyak pula perusahaan kecil di CES diharapkan menunjukkan kemampuan mereka untuk bersaing di pasar "komputasi spasial" dan realitas campuran (mixed reality). 

Keberlanjutan diperkirakan akan menjadi tren yang lebih bermakna di CES dibandingkan di masa lalu karena semakin banyak perusahaan yang mengadopsi praktik-praktik seperti kemasan ramah lingkungan dan menggunakan bahan daur ulang dalam produk dan baterai-baterai yang dapat diisi ulang, menurut para analis. “Beberapa manfaat keberlanjutan mulai menjadi nyata,” kata Greengart.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement