Rabu 03 Jan 2024 14:30 WIB

Cara Mengaktifkan Night Shift di iPhone

Night Shift dapat melindungi penglihatan dan meningkatkan kualitas tidur.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
A man holds the latest iPhone 15 model at an Apple store in Beijing, China, 22 September 2023. Apple has now made available to consumers its new lineup of iPhone 15 models which are the iPhone 15, Plus, Pro and Pro Max.
Foto: EPA-EFE/MARK R. CRISTINO
A man holds the latest iPhone 15 model at an Apple store in Beijing, China, 22 September 2023. Apple has now made available to consumers its new lineup of iPhone 15 models which are the iPhone 15, Plus, Pro and Pro Max.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika belum menggunakan fitur tampilan iPhone Night Shift, inilah saatnya untuk memulai. Penelitian telah menunjukkan bahwa dengan mengizinkan Night Shift secara otomatis menyesuaikan warna yang dipancarkan dari iPhone dengan lampu latar, Anda dapat melindungi penglihatan dan meningkatkan kualitas tidur. 

Artinya, Anda bisa menikmati malam dengan lebih tenang dan bangun dengan lebih banyak energi di pagi hari. Dilansir Slashgear, Rabu (3/1/2024), fitur Night Shift mudah digunakan dan tersedia di iPhone 5s atau lebih baru, iPad generasi kelima atau lebih baru, iPad Mini 2 atau lebih baru, dan bahkan iPad Touch generasi terakhir. 

Baca Juga

Mengaktifkan fitur Night Shift hanya perlu beberapa langkah. 

  • Buka Settings di iPhone Anda
  • Buka Display & Brightness
  • Tekan Night Shift
  • Ketuk Scheduled

Dari sini, Anda dapat mengatur jam berapa Anda ingin menyalakan dan mematikannya. Sebaiknya Anda mengatur waktu From tidak terlalu larut setelah matahari terbenam di tempat Anda berada, sehingga mata dan tubuh Anda mengetahui bahwa ini sudah malam. 

Atur waktu ke waktu yang Anda harapkan untuk bangun di pagi hari. Anda juga dapat menggunakan bilah penggeser di menu ini untuk membuat tampilan Night Shift kurang lebih hangat. 

Semakin hangat suhunya, semakin baik untuk mata Anda, meskipun Anda mungkin menganggap Night Shift membuatnya terlalu hangat untuk melihat dengan jelas atau ada alasan lain yang membuatnya kurang hangat. 

Hanya itu yang perlu Anda lakukan untuk mengaktifkan Night Shift secara otomatis di ponsel setiap malam. Anda dapat mengulangi langkah-langkah ini dan menjadwalkan ulang waktu mulai dan berakhir jika Anda mengalami perubahan pola tidur, seperti memulai pekerjaan baru atau pergi berlibur. 

Selain itu, Night Shift juga bisa diaktifkan secara manual. Ada dua cara sederhana untuk mengaktifkan Night Shift secara manual. 

Yang pertama melibatkan melalui aplikasi Settings dengan cara yang sama seperti Anda menjadwalkan fitur. 

  • Buka Settings di iPhone Anda
  • Buka Display & Brightness
  • Ketuk Night Shift
  • Aktifkan “Manually Enable Until Tomorrow”

Jika Anda tidak ingin mengulangi langkah-langkah ini untuk mematikan Night Shift untuk acara khusus ini, ponsel Anda akan melakukannya untuk Anda keesokan paginya. 

Sedangkan cara yang lebih cepat untuk melakukannya adalah melalui Control Center iPhone, yang dapat Anda akses dengan menyeret jari Anda ke bawah dari sudut kanan atas layar iPhone Anda. 

Dari sana, Anda cukup Force Touch pada penggeser Brightness yang akan memberi Anda tombol untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Night Shift secara instan, baik saat matahari terbenam atau tidak. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement