Rabu 03 Jan 2024 13:03 WIB

Asisten Microsoft AI Copilot Tersedia untuk iPhone dan iPad, Bisa Apa?

Copilot membantu pengguna mendapatkan lebih banyak hal dalam waktu lebih singkat.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Logo Microsoft Copilot oleh Microsoft.
Foto: ANTARA/HO/Microsof
Logo Microsoft Copilot oleh Microsoft.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asisten Microsoft yang didukung kecerdasan buatan (AI), Copilot, telah resmi hadir di iPhone dan iPad. Ini menghadirkan rangkaian alat pembuat bahasa dan gambar yang canggih ke platform seluler Apple. 

Hal itu menyusul peluncuran aplikasi Android baru-baru ini, sehingga menjadikan Copilot lebih mudah diakses dan serbaguna bagi pengguna saat bepergian.

Baca Juga

Dengan didukung AI mutakhir, Copilot lebih dari sekadar asisten obrolan pada umumnya. Didukung oleh model GPT-4 dan DALL-E 3 OpenAI, kemampuannya adalah memberikan respons cepat, kompleks, dan akurat terhadap pertanyaan. 

Hal ini dengan kemampuan membuat visual yang menakjubkan dari deskripsi teks sederhana. Baik bagi seorang penulis yang mencari inspirasi, mahasiswa yang mengerjakan makalah penelitian, atau seorang profesional yang mengerjakan banyak tugas, Copilot dapat digunakan sebagai pendamping AI.

Berikut ini sekilas kemampuan Copilot, seperti dikutip dari laman Gizchina, Rabu (3/12/2023).

Drafting dan komposisi: Buat email, cerita, skrip, atau bahkan puisi yang menarik. Copilot bisa membantu mengatasi hambatan penulis dan mengekspresikan ide mereka dengan jelas dan cerdas.

Penguasaan informasi: Copilot bisa meringkas teks yang rumit, menerjemahkan bahasa dengan mudah, dan mengoreksi dokumen serta mengoptimalkan dampak maksimal.

Perencanaan perjalanan: Buat rencana perjalanan yang dipersonalisasi sesuai minat dan anggaran, sehingga membuat petualangan berikutnya menjadi mudah.

Peningkatan karir: Buat dan perbarui resume pekerjaan yang menonjol dari yang lain. Menampilkan keahlian dan pengalaman Anda dengan cara terbaik.

Selain itu, image kreatornya didukung oleh DALL-E 3, memungkinkan pengguna mengeluarkan jiwa seniman mereka. Cukup jelaskan visi, dan Copilot akan mengubah teks menjadi visual yang menakjubkan, dari konsep abstrak hingga mahakarya fotorealistik. 

Microsoft Copilot tersedia untuk diunduh di iPhone dan iPad App Store, dan ada juga versi web serta fitur bawaan di Windows 10 dan 11. Dengan antarmuka intuitif dan kemampuan AI, Copilot siap menjadi alat yang sangat diperlukan untuk siapa pun yang ingin meningkatkan produktivitas, melepaskan kreativitas, dan menyelesaikan berbagai hal dengan cara yang lebih cerdas dan cepat.

Jadi asisten AI ini dapat membantu pengguna mendapatkan lebih banyak hal dalam waktu lebih singkat, sekaligus membuka jalan baru untuk ekspresi dan eksplorasi kreatif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement