Ahad 31 Dec 2023 22:42 WIB

Hampir Dua Tahun, Baru Ketahuan Penyebab Erupsi Gunung Tonga

Erupsi Tonga memicu badai petir paling hebat yang pernah tercatat dan mega tsunami.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Erupsi gunung berapi bawah laut di Tonga.
Foto: Reuters/Antara
Erupsi gunung berapi bawah laut di Tonga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para ilmuwan akhirnya memetakan sistem pipa magma raksasa yang melahirkan ledakan gunung berapi Hunga Tonga di barat daya Samudra Pasifik. Ini diketahui hampir dua tahun usai letusan dahsyat yang memecahkan rekor tersebut. 

Pada 15 Januari 2022, gunung berapi di bawah pulau Hunga Tonga-Hunga Ha’apai meledak dengan kekuatan sedemikian rupa sehingga memicu badai petir paling hebat yang pernah tercatat dan mega tsunami pertama yang terdokumentasikan sejak zaman dahulu. 

Baca Juga

Letusannya terasa di seluruh dunia, namun kondisi bawah air gunung berapi tersebut menimbulkan tantangan bagi para ilmuwan yang mencoba memahami bagaimana ledakan dahsyat tersebut terjadi. 

Kini, dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada 15 Desember di jurnal Science Advances, para peneliti telah memetakan sedikit variasi tarikan gravitasi di perairan-perairan sekitar pulau sebelum dan sesudah letusan dan menemukan bahwa ledakan tersebut kemungkinan disebabkan oleh dua ruang magma yang bergabung.

“Saya sangat terkejut bahwa kita benar-benar dapat menggambarkan sistem magmatik yang relatif besar menggunakan kumpulan data dan metode semacam ini,” kata penulis utama Hélène Le Mével, ahli vulkanologi dan staf ilmuwan di Carnegie Institution for Science di Washington DC, dilansir Space, Ahad (31/12/2023). 

Pekerjaan semacam ini “jarang dilakukan untuk mempelajari gunung berapi-gunung berapi bawah laut,” kata Le Mével kepada Livescience melalui email.

Reservoir-reservoir magma berada pada kedalaman berbeda antara dua dan 10 kilometer di bawah gunung berapi dan kemungkinan menyimpan sejumlah besar magma cair sebelum letusan tahun 2022, menurut penelitian tersebut. 

Para peneliti menemukan bahwa ledakan tersebut mengeluarkan sekitar 30 persen magma, lebih dari sembilan kilometer kubik, dari ruang tengah yang dangkal. Ini yang menyebabkan puncak gunung berapi runtuh dan membentuk kedalaman 850 meter depresi seperti mangkuk yang disebut kaldera. 

Ketika tekanan di reservoir pusat turun, membuka saluran di antara kedua ruang tersebut. Ada kemungkinan juga bahwa magma dari sumber kaya gas yang berada jauh di dalam kerak bumi naik ke ruang tengah, yang “mungkin juga menjelaskan dahsyatnya letusan tahun 2022,” menurut penelitian tersebut. 

Kantong magma ketiga, terletak di barat laut ruang tengah, tampaknya terputus dari sistem dan mungkin mewakili “zona massa lembut dan basah yang lebih tua dan mengeras,” tulis para penulis. 

Menurut penelitian, hingga 26 kilometer kubik magma yang dapat meletus masih bersembunyi di dua reservoir utama di bawah gunung berapi Hunga. Jumlah tersebut cukup untuk mengisi 10 juta kolam renang ukuran Olimpiade. (Magma yang dapat meletus didefinisikan sebagai magma yang lelehannya lebih dari 50 persen dan kandungan padatan kristalnya rendah.

Meskipun studi tersebut mengungkapkan apa yang menjadi pemicu gunung berapi tersebut, penelitian tersebut tidak dapat menunjukkan apa yang memicu letusan besar itu. 

“Hasil gravitasi saja tidak secara langsung memungkinkan kita untuk menyimpulkan pemicu letusan,” kata Le Mével, namun hal ini memberikan para peneliti “gagasan tentang di mana dan berapa banyak magma yang dapat disimpan di bawah gunung berapi.”

Temuan-temuan ini mungkin juga terbatas karena mereka menggunakan data satelit yang mungkin dipengaruhi oleh gelombang laut dan perubahan gravitasi dari dasar laut ke permukaan laut, kata para peneliti dalam studi tersebut.

“Kami hanya mempunyai informasi tentang apa yang berubah dalam selang waktu satu tahun sehingga kami tidak bisa mengatakan secara spesifik apa yang terjadi selama letusan,” kata Le Mével. Namun data menunjukkan “jalur baru antar waduk telah tercipta,” tambahnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement